Cara menemukan lentera jiwa-4

900px-6187-26Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya

Bila kita sudah menemukan passion atau lentera jiwa kita, maka langkah selanjutnya yang perlu diterapkan adalah menerapkan passion tersebut dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam kaitannya dengan pekerjaan kita.

  • Lakukan pendalaman. Kita perlu memahami dan mengetahui seluk beluk tentang passion kita. Kita perlu baca buku, bertanya ke teman, membaca atau mencari informasi dari internet, dll. Sebagai contoh, bila passion kita adalah menjadi host sebuah talk show (seperti Andi Noya), maka kita perlu mempelajari secara mendalam dunia pertelevisian, talk show, dan lain lain. Bila passion kita adalah membuat business, maka kita perlu mempelajari masalah bisnis secara mendalam.
  • Hindari langsung terjun atau pindah pekerjaan hanya berdasar instink atau naluri. Bila kita sudah menemukan passion, maka kita sering berbuat kesalahan dengan langsung loncat ke pekerjaan atau kegiatan baru tersebut. Kita tidak boleh langsung meninggalkan pekerjaan kita saat ini, walaupun pekerjaan tersebut terasa membosankan dan tidak menarik lagi. Sebagai contoh, bila passion kita adalah jadi juru masak (chef), maka sebaiknya ambil kursus memasak atau mencoba mengembangkan kemampuan memasak tersebut diwaktu luang sebelum meninggalkan pekerjaan yang lama.
  • Tinggalkan pekerjaan sekarang bila terasa sudah tidak tepat. Bila kita merasa karir sudah mentok, jangan tetap tinggal di pekerjaan tersebut hanya karena ketakutan tidak punya uang untuk kebutuhan sehari-hari. Segeralah berusaha untuk menemukan “zona baru”. Siapa tahu zona baru tersebut adalah passion anda.

Semoga bermanfaat

Sumber bacaan: http://www.wikihow.com/Find-Your-Passion

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply