Cara menemukan lentera jiwa-3

900px-6187-20Tulisan ini merupakan kelanjutan artikel sebelumnya

Berikut ini beberapa cara untuk dapat menemukan lentera jiwa (passion) kita:

  • Coba lakukan olah raga baru. Kita tidak pernah tahu mungkin lentera jiwa kita berkaitan dengan panahan, menunggang kuda, golf atau yang lainnya.  Oleh karena itu, cobalah melakukan olah raga baru misalnya belajar berenang, bersepeda gunung atau urban downhill, bowling, menembak, diving, dan lainnya.
  • Kembangkan kemampuan seni. Bakat seni kita mungkin tersembunyi karena sibuk dengan permasalahan sehari-hari. Cobalah kembangkan bakat seni dengan belajar melukis, menyanyi, bermain music, drama, atau menulis novel.
  • Lakukan hobi baru. Dengan melakukan hobi baru kita mungkin menemukan passion kita. Cobalah lakukan hobi baru, misalnya: memelihara burung, atau hewan peliharaan lainnya, belajar bahasa baru (Arab, Spanyol, dll), memasak.
  • Keluar dari zona nyaman. Lakukan sesuatu yang kita kurang trampil, misalnya terjun paying, olah raga ekstrem, menyelam. lakukan hal hal yang dulu dirasa menakutkan, seperti terjun paying.
  • Jalan jalan (traveling). Dengan melakukan perjalanan kita akan dapat mempunyai pengalaman yang sangat berbeda, melihat sesuatu yang berbeda atau belajar melihat sesuatu dari sudut yang berbeda. Traveling dapat membantu kita menemukan lentera jiwa kita. Ambil foto sebanyak-banyaknya ketika traveling, siapa tahu bahwa passion anda ada di fotografi.
  • Jadilah sukarelawan.Dengan bekerja tanpa digaji, kita akan mendapatkan ketrampilan baru, ketemu orang baru, pengalaman baru yang mungkin sesuai dengan passion kita.Ketika kita bekerja sukarela merawat taman, mungkin kita akan menemukan passion kita dibidang pertamanan. Bila kita kerja sukarela dengan mengajari anak anak matematika, mungkin kita akan menemukan passion kita dalam mengajar.
  • Belajar dari orang lain. Bila kita punya kenalan seseorang dengan passion tertentu, mintalah orang tersebut untuk mengajari kita seluk beluk tentang halk tersebut. Mungkin passion kita ada disitu juga. Misalnya, seseorang dengan passion memasak, maka mintalah kita diajari tentang memasak, siapa tahu kita akan menemukan passion kita disitu.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply