Cara menemukan lentera jiwa-2

900px-6187-5Tulisan ini merupakan lanjutan artikel sebelumnya.

Cara untuk menemukan lentera jiwa:

  • Pikirkan apa yang menyenangkanmu. Lentera jiwa biasanya terkait dengan tujuan hidupmu, hal hal yang sering atau berulang-ulang dilakukan, hal hal yang menarik hatimu, hal hal yang bila dikerjakan seolah olah hanya kita sendiri yang hidup didunia ini, dll
  • Pikirkan tentang hal hal yang diimpikan untuk dilakukan.Apa yang ingin dilakukan diwaktu kecil tapi belum terlaksana, apa yang dilakukan tapi belum terlaksana (karena alas an keuangan, kesibukan, takut gagal), ketika membaca cerita atau berita, hal hal apa yang membuatmu bersemangat atau sangat menarik hatimu.
  • Coba buat papan-tulis visi (vision board). Buat papan dan tempel didinding. Kumpulkan dan tempelkan di papan berbagai foto atau gambar, kata kata bijak yang menggambarkan kegiatan yang kamu impikan atau ingin lakukan.
  • Buat daftar hal yang paling penting dalam hidupmu. Apakah karir lebih penting dari hobi?, apakah uang sangat penting untuk membiayai hobi sehingga pekerjaan harus yang bergaji besar meskipun tidak menarik? Apakah berkumpul dengan keluarga lebih penting daripada karir (sehingga penempatan diluar kota akan ditolak).

Setelah mengenali lentera jiwa, maka langkah selanjutnya adalah merealisasikan hal tersebut kedalam kehidupan kita. Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merealisasikan hidup berdasar lentera jiwa:

  • Hidupkan kembali impian masa kecil. Bila impian masa kecil kita menjadi astronot dan kelihatannya sulit tercapai, maka kita dapat menemukan lentera jiwa kita┬ádengan mempelajari hal hal yang terkait dengan angkasa luar, ilmu tentang roket, dll.
  • Menggabungkan beberapa bakat. Misalnya bila kita punya hobi traveling dan menulis, maka kita dapat menggabungkan hal tersebut menjadi penulis spesialis wisata. Bila kita jago bahasa dan bekerja di suatu perusahaan, maka kita dapat menggabungkan kemampuan bahasa dengan kemampuan bisnis.
  • Jadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Bila kita hobi badminton, kita dapat mencari penghasilan dari hobi tersebut, misalnya dengan menjadi pelatih, menyewakan lapangan badminton, jualan alat olah raga, dll.
  • Lakukan kegiatan yang diimpikan. Bila ada hambatan keuangan atau hambatan lain untuk mengerjakan kegiatan yang diimpikan, maka coba cari dan kembangkan alternative untuk mengatasi hambatan tersebut. Misalnya: bila hobi keliling dunia menjadi impian, maka kita dapat bekerja di dunia penerbangan, tour, dll.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply