Cara mengatasi perasaan tidak berdaya (learned helplessness)-2

th3GNLU1TNTulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya

Learned helplessness juga dapat terjadi pada manusia. Hanya karena manusia lebih pintar dari binatang, maka perasaan tidak berdaya tersebut muncul tidak hanya belajar dari pengalaman kegagalan sendiri, tetapi juga belajar dari pengalaman orang lain. baik dari melihat langsung, maupun lewat berbagai media informasi lainnya.

Pada saat ini, karena situasi ekonomi, sosial dan politik yang tidak sehat, maka banyak pegawai negeri sipil yang merasa tidak berdaya menghindari diri dari perbuatan korupsi. Gaji kecil dan tidak mencukupi, namun punya kekuasaan dan menguasai anggaran kegiatan proyek yang besar, maka banyak PNS yang terjebak dalam perilaku korupsi. Mereka sudah mencoba untuk hidup bersih, tapi selalu gagal. Mereka tidak berdaya melawan system yang korup yang melingkupi mereka. Akhirnya mereka bersikap apatis, bahkan banyak yang kemudian terjerumus dalam tindak korupsi.

Di sector swasta kondisinya juga tidak jauh berbeda. Mereka melihat betapa sulitnya mengatasi tekanan hidup. Gaji kecil, padahal kehidupan terus meningkat. Orang kaya bertambah kaya, sedangkan mereka dan kawan kawannya tetap miskin. Keadaan tersebut membuat mereka mengalami learned helplessness.

semutKeadaan mereka seperti kondisi seekor semut yang hidup di Kalinongko, Purworejo dan ingin pergi ke New York, Amerika. Bagaimana mungkin seekeor semut yang untuk berjalan sejauh 1 km perlu waktu berhari-hari dan tidak dapat berenang akan pergi ke new York? Bagi otak semut, itu sesuatu yang mustahil.

Kita sebagai manusia, yang punya kesadaran lebih tinggi, dapat memberitahu atau menolong semut pergi ke New York. Selama semut tidak hanya mengandalkan kemampuan sendiri, yaitu dengan bantuan mahluk yang lebih tinggi tingkatannya (seperti manusia), maka mereka akan dapat pergi ke New York.

bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply