Pelatihan ketahanan jiwa

Hidup bermaknaKetahanan jiwa adalah kemampuan untuk segera bangkit dan terus maju mencapai cita cita meskipun ada badai kehidupan melanda.

Powerpoint tentang ketahanan jiwa dapat didownload di sini

Setidaknya ada 3 hal yang akan dapat membuat diri kita menjadi tahan banting:

  1. Menjalani hidup yang penuh makna (hidupbermakna)
  2. Mempunyai kemampuan mengelola stress dan mengendalikan emosi
  3. Mempunyai sahabat atau saudara yang bersedia mendukung

Hidup bermakna adalah hidup sesuai cita cita atau yang diinginkan, namun tidak bertentangan dengan ketentuan agama, sehingga setelah mati akan masuk surga. Contoh hidup yang bermakna adalah kehidupan Subhashini Mistry (foto diatas), seorang ibu penjual sayuran dipasar yang berhasil membangun sebuah rumah sakit.

Bagaimana membuat hidup kita bermakna?

Kalau kita bercita cita menjadi menteri pendidikan dengan niat agar kita dapat membuat pendidikan yang terjangka oleh semua orang, maka mulai sekarang kita dapat melakukan kegiatan yang sesuai dengan cita cita namun disesuaikan dengan kondisi kita saat ini. Kita dapat membuat taman bacaan, membuat kursus gratis, dll tanpa harus menunggu kita menjadi menteri pendidikan.

Karena kematian datang tidak memandang usia, maka agar hidup kita selalu bermakna diusia berapapun, maka kita perlu melakukan kegiatan yang sesuai dengan cita cita kita dengan melihat kondisi dan kemampuan kita saat ini.

Leave a Reply