Cara tidak sehat dalam mengatasi stress (2)

169a24642604e1aeff9ed1f6f914b57dTulisan ini merupakan lanjuta dari artikel sebelumnya

Beberapa cara mengatasi stress secara tidak sehat:

  • Menyalahkan orang lain secara berlebihan hingga menyakiti orang lain. Untuk mengatasi ketidak mampuannya dalam menyelesaikan suatu masalah, seseorang kadang menyalahkan orang lain. Dalam tingkatan yang lebih ekstrim, maka yang bersangkutan dapat melakukan tindakan yang menyakiti orang lain. Bentuk menyakiti orang lain dapat berupa membuat lelucon yang menyakitkan hati, hingga secara nyata melempar barang atau mencoba melukai orang lain yang dianggap bertanggung jawab atas masalah yang terjadi.
  • Lari dari kenyataan dengan bersikap menyangkal, masa bodoh hingga hidup dalam alam khayalan. Sikap mengatasi masalah dengan bersikap menyangkal (menolak/ denial) terhadap kenyataan masih dapat dikatakan dalam tingkat normal. Bila sudah mulai bersikap masa bodoh, atau bahkan mulai hidup dalam khayalan, maka coping strategi tersebut sudah mulai menjadi penyakit. Salah satu coping strategi yang banyak dijumpai pada penderita gangguan jiwa adalah mencoba mengatasi masalah dengan hidup dalam alam khayal.
  • Memanipulasi lingkungan secara berlebihan. Kecemasan akibat takut akan adanya kuman penyakit dapat menyebabkan seseorang mandi berkali kali (hingga 10 kali) dalam sehari, mencuci tangan dengan sikat berkali kali hingga tangan lecet, takut kemalingan dengan mengunci pintu berkali-kali atau memasang pengaman berlapis secara berlebihan. Mekanisme coping dengan memanipulasi lingkungan secara berlebihan terjadi pada penderita dengan obsessive compulsive disorder.
  • Terlalu sensitive. Karena pernah mengalami trauma berat (mengalami kecelakaan sehingga hampir meninggal, diperkosa, ikut dalam pertempuran, dll), mereka sering menjadi sangat sensitive terhadap hal hal yang mengingatkan mereka dengan kejadian masa lalu yang traumatis. Misalnya, seorang tentara AS yang pernah hampir mati karena ranjau darat (biasanya ditanam dipinggir jalan), maka ketika pulang ke Amerika bila mengendarai mobil selalu berada ditengah jalan (tidak berani berada dipinggir jalan).

Semoga bermanfaat

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply