Cara tidak sehat dalam mengatasi stress (1)

Dalam hidup, kita akan sering harus menghadapi masalah yang membuat jiwa kita tertekan. Tekanan jiwa tersebut dapat terjadi karena berbagai kejadian yang membuat kita merasa sedih, kecewa, malu, gagal, merasa bersalah, marah, takut, cemas dan berbagai perasaan tidak enak lainnya.

Berbagai cara menghadapi tekanan jiwa secara positif, sehingga membuat kita dapat bangkit dari trauma, sudah kita bahas dalam situs ini.

169a24642604e1aeff9ed1f6f914b57dPada kesempatan ini, kita akan bahas berbagai cara menghadapi tekanan jiwa yang tidak sehat. Dalam cara yang akan diuraikan dibawah, maka metode yang dipakai tidak hanya tidak memecahkan masalah, namun juga sering menimbulkan munculnya masalah yang lebih berat atau lebih rumit.

Berikut ini beberapa cara negative dalam menghadapi masalah:

  • Mencoba melupakan masalah dengan lari ke: minum minuman keras, obat obat terlarang, makan berlebihan, belanja berlebihan, menonton hiburan tidak sehat yang mahal, dll. Memang ketika kita fly atau mabuk, kita sejenak melupakan masalah, namun dengan berhentinya efek obat, maka masalah akan muncul kembali. Bahkan, sering masalah menjadi semakin rumit dan semakin sulit diatasi. Banyak juga orang mencoba meluapakan kesedihan karena masalah keluarga dengan membenamkan diri dalam pekerjaan atau kegiatan social diluar rumah.
  • Menyalahkan diri sendiri secara berlebihan, menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri, beberapa orang mencoba mengurangi rasa bersalah dengan menyakiti diri sendiri. Tindakan menyakiti diri sendiri seperti membenturkan kepala, menyobel kulit (membuat luka di kulit tangan). Pada tingkat yang lebih ekstrim, karena merasa sudah tidak ada harapan lagi, merasa tidak ada jalan keluar, maka seseorang kemudian melakukan bunuh diri.
  • Menghindari masalah atau menundanya. Bila kita malu ketika nilai hasil ulangan jelek kemudian kita tidak mau sekolah, maka berarti kira menghindari masalah secara tidak sehat. Begitu juga, bila kita merasa kesulitan dengan pelajaran matematika, namun kemudian menunda-nunda belajar matematika, maka kita sebenarnya hanya menunda masalah untuk muncul dan meledak.

bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply