5 Karakteristik yang membuat jiwa tahan banting (2)

LifeSmart-diagramTulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya

Beberapa karakteristik atau kemampuan yang membuat seseorang tahan banting ketika menghadapi badai kehidupan:

  • Mampu mengenali dan mengendalikan emosinya (Emotional awareness). Agar jiwa tahan banting, maka yang bersangkutan perlu mempunyai kemapuan mengenali emosi yang muncul dalam dirinya dan segera dapat mengendalikan emosinya tersebut. Emosi yang tidak terkendali tidak hanya merusak pertemanan atau persahabatan, namun juga dapat merusak diri yang bersangkutan. Banyak orang yang tidak dapat mengendalikan amarahnya dan kemudian menyesal setelah kemarahan tersebut membawa dampak buruk terhadap dirinya. Berbagai teknik atau metode untuk mengendalikan emosi telah dibahas dalam situs ini. Kemampuan mengendalikan emosi tidak dapat dipelajari dalam satu atau dua hari. Ketrampilan tersebut perlu dilatih sejak kanak kanak dan diharapkan kita sudah cukup trampil ketika menginjak dewasa.
  • Mempunyai ketrampilan praktis untuk hidup (Skills for living). Ketrampilan praktis yang perlu dipunyai, misalnya: ketrampilan dalam memecahkan masalah (problem solving skills), ketrampilan dalam mengatur keuangan pribadi, ketrampilan bergaul dan menjalin persahabatan, ketrampilan mengendalikan atau mengatur waktu, dan berbagai ketrampilan praktis lainnya yang diperlukan dalam kehidupan. Sayangnya, ketrampilan ketrampilan praktis tersebut jarang diajarkan di sekolah sekolah formal. Bila seseorang mempunyai ketrampilan ketrampilan tersebut diatas, maka yang bersangkutan dapat memecahkan masalah kehidupan yang dihadapinya. Setidaknya yang bersangkutan tidak perlu terjebak dalam kesulitan karena ketidak tahuannya atau terjebak dalam masalah dan tidak dapat mengatasinya.

Semua kemampuan agar seseorang mempunyai jiwa yang tahan banting perlu diajarkan dan dilatihkan oleh para orang tua kepada anak anaknya dan oleh para guru kepada murid muridnya. Ketrampilan ketrampilan tersebut perlu dipelajari dengan melatihkannya, tidak cukup hanya melalui pemberian teori atau informasi.

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply