5 Karakteristik yang membuat jiwa tahan banting (1)

coping-skills1Jiwa tahan banting adalah jiwa yang tetap tegar, meskipun badai kehidupan melanda.

Ada 5 karakteristik yang akan membuat jiwa kita tahan banting:

  1. Kesediaan untuk membantu dan menolong orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan dapat hidup sehat dengan menyendiri. Agar jiwa kita tahan banting, kita harus mempunyai saudara dan teman yang saling mendukung.  Berbagai studi menunjukkan bahwa bukan banyaknya teman atau saudara yang menentukan ketahanan jiwa seseorang, tetapi apakah yang bersangkutan suka membantu dan menolong orang lain. Dengan banyak membantu dan menolong orang lain, maka jiwa yang  bersangkutan menjadi kuat dan tahan banting. Bukan orang yang sering ditolong yang kuat jiwanya, tetapi yang sering membantu dan menolong orang lain yang akan mempunyai jiwa yang kuat. Tentunya, dalam kehidupan, kita perlu saling tolong menolong. Dengan menolong seseorang, maka bila kita punya masalah, orang lain akan menolong kita.
  2. Mempunyai ketrampilan mengatasi tekanan jiwa/ stress (coping skills). Orang yang tahan banting, pasti mempunyai ketrampilan mengatasi tekanan jiwa/ stress yang melanda kehidupannya. Ada 6 kelompok cara yang positif dalam mengatasi stress, yaitu: (a) dengan mengalihkan perhatian dari situasi yang menekan jiwa, (b) dengan menikmati alam (berada di alam), (c) melepaskan emosi yang muncul, (d) dengan merawat tubuh/ memijat tubuh, mandi air hangat, (e) mengubah atau menantang pikiran negative yang muncul dan menggantinya dengan pikiran positif, (f) mencari pertolongan dari Allah dengan berdoa, bersedekah, menolong orang lain. Gambar diatas memberikan sedikit ilustrasi tentang ketrampilan mengatasi tekanan jiwa.
  3. Optimis, menerapkan sikap hidup yang positif. Mampu melihat sisi positif dari setiap kejadian dan mengambil pelajaran dari setiap kejadian. Dengan mengambil pelajaran dari segala peristiwa yang terjadi, kita akan menjadi lebih tahan banting. kita akan dapat melewati masa masa yang penuh cobaan dengan lebih tegar.

bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply