10 jalan menuju jiwa tahan banting (1)

resilienceJiwa yang tahan banting (resilience) adalah jiwa yang segera bangkit begitu terkena pukulan atau trauma psikologis yang berat, seperti kehilangan orang yang disayangi, kehilangan pekerjaan, mengalami bencana, terkena penyakit berat, dan lain lain.

Menurut ahli kesehatan jiwa dari Mayo Clinic, sifat utama dari jiwa yang tahan banting adalah: jiwa yang selalu bersyukur (grateful) dan mau berkorban/ menolong orang lain (compassion).

Latihan agar mempunyai jiwa tahan banting perlu diberikan, terutama kepada anak anak hingga mencapai usia dewasa. Jiwa yang tahan banting akan membuat mereka dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan hidup, meskipun badai kehidupan menghantam.

Berikut ini 10 jalan menuju jiwa yang tahan banting yang disarankan oleh American Psychological Association dalam artikelnya road to resilience:

  • Buat jaringan (get connected). Jangan hidup menyendiri, buatlah jaringan persaudaraan dengan anggota keluarga maupun jaringan persahabatan dengan sebanyak mungkin teman. Ikutlah kelompok kelompok pertemanan (pramuka, karang taruna), kelompok pengajian, dan lain lain. Lakukanlah kegiatan kerja suka rela dan menolong orang yang membutuhkan. Jaringan persahabatan dan kegiatan positif (menolong orang yang membutuhkan) akan membuat jiwa jadi kuat.
  • Hindari melihat krisis (masalah besar) sebagai persoalan yang tidak dapat diatasi. Hal hal yang tidak diinginkan tetap saja akan terjadi dalam hidup ini, namun kita dapat melihat perspektif yang berbeda dari masalah tersebut. Sebuah kecelakaan yang menyebabkan kehilangan kaki, misalnya, bukanlah akhir dari segalanya. Banyak hal dapat dilakukan, meskipun hidup tanpa kedua kaki. Banyak masalah yang dengan berjalannya waktu, akhirnya akan dapat diatasi.
  • Terima bahwa perubahan merupakan bagian dari kehidupan. Tidak ada yang abadi didunia ini. Setiap saat banyak hal berubah. Kendalikan hal hal yang dapat dikontrol dan pasrahkan kepada Tuhan hal hal yang berada diluar kendali kita.

Bersambung

Salurkan zakat, infaq, sedekah dan wakaf anda ke Tirto Jiwo melalui Rekening Bank Mandiri KCP Purworejo No Rek. 136-00-1074619-3 a/n Yayasan Islam Ummy Divisi Tirto Jiwo

Leave a Reply