8 cara menghentikan ruminating (1)

thinkingredRuminating, dalam psikologi, adalah suatu keadaan dimana pemikiran tentang kejadian masa lalu (yang tidak mengenakan) sering muncul berulang ulang.  Ruminating itu seperti kaset atau CD rekaman yang rusak, dimana sebagian potongan lagu diulang ulang.

Dalam ruminating, pikiran tentang suatu kejadian, tahap tahapnya sehingga kejadian yang tidak mengenakan terjadi, muncul dalam pikiran kita berulang ulang dan berkali kali.

Dalam skala normal, pemikiran tentang masa lalu yang muncul dapat membantu kita untuk memecahkan masalah tersebut. Namun bila pemikiran tersebut muncul terlalu sering, hal itu dapat mengganggu kinerja kita sehari-hari. Pikiran (ruminating) tersebut sering muncul dimalam hari sehingga membuat kita sulit tidur.

Prof Susan Nolen-Hoeksema, dari Yale University, menyatakan bahwa ruminating dapat memicu munculnya berbagai konsekuensi negatif, seperti: depresi, anxiety (cemas), PTSD (post traumatic stress disorder), penmyalah gunaan obat bius, dan gangguan makan.

Berikut ini 8 cara untuk menghentikan ruminating:

  • Identifikasi ketakutan atau pikiran yang muncul. Apa yang paling menakutkan anda? Mungkin ketakutan akan dipecat atau mendapat malu didepan banyak orang? Buatlah catatan tentang pikirang pikiran yang serimg muncul tersebut agar kita dapat tahu hal apa yang paling menakutkan diri kita dan penyebabnya.
  • Pikirkan tentang scenario terjelek. Sepertinya ini ide yang keterlaluan, tapi kebanyakan orang dapat bertahan menghadapi kejadian buruk. Coba pikirkan: hal terjelek apa yang dapat terjadi dari masalah tersebut? Dapatkah kita mengatasinya? Ternyata manusia itu punya daya tahan yang bagus. Mereka dapat menerima dan mengatasi berbagai kejadian buruk.
  • Lepaskan apa yang tidak dapat kita kendalikan. Apakah kita dapat mengubah situasinya? Bila tidak, kita harus berusaha untuk dapat menerima hal tersebut. Kita tidak dapat mengendalikan gunung agar tidak meletus. Bila ada gunung yang meletus dan mengganggu jadwal penerbangan kita, maka kita harus dapat secara lapang dada menerima hal tersebut.

Bersambung

Sumber bacaan: http://psychcentral.com/blog/archives/2014/02/16/8-tips-to-help-stop-ruminating/

Leave a Reply