8 Langkah latihan mengatur emosi (2)

dreng%20raaber%20frustreret%20colourboxTulisan ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya.

  • Langkah 4: Sering terlibat dalam kegiatan yang menghasilkan emosi positif. Kejadian kejadian yang tidak menyenangkan akan menimbulkan reaksi berupa munculnya emosi negative (sedih, marah, cemas, dll). Dalam jangka panjang, kita perlu mengatur hidup kita sehingga lebih banyak terlibat dalam kegiatan atau kejadian yang memberikan efek pada emosi positif. Kegiatan yang akan menimbulkan emosi positif, misalnya: sedekah, menolong atau membantu seseorang, melakukan hobi, ikut pengajian, dll.
  • Langkah 5: Tingkatkan perhatian (mindfulness) pada emosi saat ini. Kita perlu melatih agar pikiran kita selalu focus pada keadaan atau kejadian yang berlangsung saat ini. Jangan biarkan pikiran melayang ke masa lalu atau ke masa depan. Tingkatkan perhatian pada emosi yang sedang kita jalani sekarang.
  • Langkah 6: Coba lakukan kegiatan yang berlawanan. Bila kita sedang sedih (badan terasa lemas dan tak bertenaga, biasanya hanya ingin tiduran atau bermalas-malasan), maka segera bangun dan lakukan olah raga di luar rumah; Bila kita marah, maka coba duduk atau tiduran.
  • Langkah 7: lakukan teknik untuk meningkatkan daya tahan menghadapi stress (distress tolerance technique) yang dapat dipelajari dari tulisan ini.
  • Langkah 8: Paparkan emosi. Buat catatan tentang emosi negative yang ingin kita atur. Misalnya, bila kita ingin mengatur emosi sedih, maka langkahnya adalah buat catatan tentang kejadian yang membuat sedih, reaksi tubuh ketika sedih, pikiran yang mucul, perilaku waktu sedih. Kemudian secara bertahap (mula mula sebentar saja) membayangkan kejadian yang membuat kita sedih dan coba amati reaksi yang muncul di tubuh kita. Dengan melatih hal ini, maka kemampuan kita mengatur rasa sedih akan meningkat.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply