13 Langkah agar lebih dermawan

generosity1Sifat kedermawanan akan membuat diri kita hidup lebih bahagia, tidak gampang terkena gangguan jiwa dan hidup lebih sehat serta lebih panjang.

Berikut ini beberapa langkah yang perlu dilakukan agar kita dapat lebih dermawan dibandingkan sebelumnya:

  1. Niatkan sedekah karena Allah semata. Jangan bersedekah karena ingin dipuji, agar terkenal atau popular, agar dipilih jadi anggota DPR atau jadi bupati. Dengan meniatkan sedekah karena Allah semata, maka Allah akan membalasnya dengan berlipat ganda.
  2. Ketahuilah bahwa dengan menjadi dermawan, maka hidup anda akan lebih bahagia. Berbagai penelitian ilmiah sudah membuktikan bahwa bersedekah membuat seseorang lebih bahagia, lebih sehat dan berumur panjang (khususnya bila sedekah dilakukan ketika kita mulai berumur diatas 60 tahun).
  3. Coba amati hal hal yang dibutuhkan orang lain. Coba amati dan perhatikan mungkin ibu anda sudah terlalu capai dan memerlukan bantuan, teman sekantor sedang mogok mobilnya dan memerlukan tumpangan, dll.
  4. Bersyukur atas segala yang anda punyai. Dengan banyak bersyukur, maka perasaan akan menjadi lebih berbahagia dan orang yang berbahagia lebih mudah tergerak untuk bersedekah.
  5. Buat perayaan untuk ulang tahun atau kesuksesan teman atau saudara. Belikan kue atau makanan dan undang teman teman untuk merayakan ulang tahun atau prestasi teman atau saudara.
  6. Berlaku baik kepada orang yang tak dikenal. Misalnya: pegang daun pintu sehingga ibu ibu dibelakang anda lebih nyaman ketika melewati pintu, berikan tempat duduk di bis kepada ibu yang menggendong anak.
  7. Luangkan waktu untuk teman.Bila teman sedang dirawat di rumah sakit, kunjungilah dan doakan agar lekas sembuh. Ketika teman atau saudara sedang kerepotan dirumah, datangilah dan bantu menyelesaikan kegiatan rumah tangga.
  8. Berikan sumbangan untuk mendukung kegiatan sosial atau kegiatan keagamaan.
  9. Jadilah sukarelawan dengan meluangkan waktu bekerja tanpa gaji di panti asuhan, panti jompo, membantu tetangga membersihkan halaman.
  10. Pinjamkan barang anda. Pinjamkan kendaraan (berikan tumpangan), alat rumah tangga atau barang barang lain kepada teman atau saudara yang sedang membutuhkan.
  11. Sedekahkan barang yang anda cintai. Sumbangkan baju jaket, sepatu atau barang yang masih bagus ke teman atau orang yang membutuhkan. Beberapa orang dermawan sanggup memberikan motor, mobil, atau bahkan rumah.
  12. Berikan pujian dan ucapan selamat. Sedekah yang tidak mengeluarkan biaya adalah dengan memberikan pujian atau ucapan selamat.
  13. Telpon dan ajak ngobrol teman yang sedang susah atau mempunyai masalah. Sedekah tidak harus berupa uang, sedekah juga dapat diberikan dalam bentuk perhatian, waktu, tenaga dan pikiran untuk orang lain.

sumber bacaan: http://www.wikihow.com/Be-Generous

Leave a Reply