14 cara mengurangi sikap mementingkan diri sendiri (2)

stock-vector-priority-seats-sign-190860686Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya.

Salah satu ciri jiwa yang sehat, yang tahan menghadapi tekanan jiwa, adalah jiwa yang tidak mementingkan diri sendiri.

Berikut ini langkah langkah yang perlu dilakukan untuk mengurangi sikap mementingkan diri sendiri (egois) dan berkembang menjadi seorang yang bersifat ringan tangan dan mampu memberi manfaat kepada orang lain (penolong).

  • Pilihlah hal yang memberi manfaat pada orang banyak. Jangan mementingkan diri sendiri atau keluarga diatas kepentingan orang banyak. Bila harus memilih sesuatu, maka pilihlah kegiatan atau hal hal yang akan memberi manfaat kepada orang banyak.
  • Maafkan dan lupakan. Jika seseorang minta maaf karena telah menghalangi anda, maka maafkanlah orang tersebut dan jangan menggerundel. Seseorang yang berbuat salah memang perlu dihukum, tetapi bukan berarti kita yang harus menghukumnya. Serahkan saja permasalahan kepada Tuhan atau kepada pihak yang berwebnang.
  • Luangkan waktu dan tenaga anda dengan menjadi sukarelawan. Lakukanlah hal hal yang bermanfaat untuk orang banyak, misalnya: membuka taman bacaan untuk masyarakat kelas bawah, memberikan sedekah nasi bungkus, mengadakan kursus gratis untuk anak anak yatim, dll.
  • Sumbangkan barang yang kamu punyai. Sumbangkanlah baju, tas, barang lain yang masih bagus yang mulai jarang atau tidak pernah dipakai. Semakin bagus barang yang disumbangkan akan semakin bagus.
  • Ringan tangan membantu saudara atau teman. Usahakan untuk bersedia membantu saudara atau teman yang memerlukan bantuan, seperti mengantar ke dokter, menemani ketika sakit, dll.
  • Usahakan untuk tidak egois disetiap kesempatan. Misalnya: berilah tempat duduk di bis atau kereta kepada ibu hamil atau ibu yang menggendong anak anak.
  • Jaga diri sendiri. Bersikap tidak egois memerlukan energy yang tidak sedikit, oleh karena jagalah kesehatan diri sendiri juga.

sumber: http://www.wikihow.com/Be-Selfless

Leave a Reply