14 cara mengurangi sikap mementingkan diri sendiri (1)

selfless_selflessness_selfish_love_happiness_open_your_heartAgar jiwa kita sehat, kita perlu berlatih untuk tidak menjadi egois. Kita perlu mengutamakan kepentingan orang banyak diatas kepentingan diri sendiri.

Kita semua tahu bahwa sikap egois atau mementingkan diri sendiri bukanlah sikap yang baik dan terpuji.

Meskipun demikian, dalam dunia yang materialistik, dimana kita mengukur kesuksesan seseorang dengan banyaknya harta, serta paham individualisme, maka mengurangi sikap mementingkan diri buknalah perkara yang gampang. Materialisme mengajak kita untuk kikir dan individualism mengajak kita untuk tidak perduli kepada nasib orang lain. Berikut ini metode untuk memupuk sikap mementingkan kepentingan orang banyak diatas kepentingan diri sendiri, atau mengurangi sikap egois.

  1. Perluas cara pikir kita. Perluas cara pikir kita dengan belajar memahami kebutuhan dan keinginan orang orang dan masyarakat disekitar kita dengan banyak membaca, mendengarkan radio atau pandangan orang, dan lain lain.
  2. Pahami perasaan orang lain. cobalah untuk menempatkan diri kita pada posisi orang lain, terutama orang orang yang kondisinya dibawah kita (baik secara sosial maupun ekonomi).
  3. Bersikap tidak egois meskipun tidak ada orang yang mengetahuinya. Jangan berperilaku baik dengan menolong orang lain untuk mendapatkan pujian dari orang lain.
  4. Ikut merasa senang ketika orang lain bahagia.  Belajarlah untuk merasa ikut senang dan gembira ketika orang lain berbahagia. Rasakan kebahagiaan dengan membuat orang lain bahagia.
  5. Tirulah orang orang hebat yang tidak mementingkan diri sendiri. Bacalah riwayat hidup orang orang hebat, seperti nabi Muhammad, Nelson Mandela, Ibu Theresa yang tidak egois.
  6. Jangan merugikan orang lain dalam mencari keuntungan diri. Jangan menipu, mencuri dan kegiatan tidak baik lainnya untuk mendapatkan keuntungan.
  7. Jangan menilai waktumu lebih berharga dari pada waktu orang lain. Contohnya: jangan kita menyerobot antrian karena kita merasa waktu kita lebih berharga dibandingkan waktu orang lain.

Bersambung

Leave a Reply