Obatilah sakitmu dengan sedekah

Di Tirto Jiwo sengaja tidak ditetapkan tarif biaya pengobatan. Harapannya adalah penderita gangguan jiwa dari keluarga miskin dapat mendapatkan pelayanan gratis, penderita dari keluarga yang tidak miskin membayar sesuai kemampuannya, dan penderita keluarga dari keluarga mampu membayar lebih sehingga terjadi subsidi silang.

Tirto Jiwo tidak membedakan perlakuan dan pelayanan pemulihan gangguan jiwa. Semua mendapat perlakuan yang sama.

Bagaimana dengan yang membayar lebih? Niatkanlah itu sebagai sedekah. Insya Allah nanti Allah sendiri yang akan membalas sedekah tersebut. Perlu diingat bahwa Allah yang menyembuhkan semua penyakit. Obat dan berbagai intervensi psikososial hanyalah perantara.

Berikut ini kami kutipkan ayat dalam al Quran dan hadis nabi Muhammad saw, sebagai pelajaran bagi kita semua.

Dalam Al Quran Surat As Shu-ara ayat 75-81, Allah berfirman:

” Ibrahim berkata: “Maka apakah kamu telah memperhatikan apa yang selalu kamu sembah, kamu dan nenek moyang kamu yang dahulu?, karena sesungguhnya apa yang kamu sembah itu adalah musuhku, kecuali Tuhan Semesta Alam, (yaitu Tuhan) Yang telah menciptakan aku, maka Dialah yang menunjuki aku, dan Tuhanku, Yang Dia memberi makan dan minum kepadaku, dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku, dan Yang akan mematikan aku, kemudian akan menghidupkan aku (kembali),dan Yang amat kuinginkan akan mengampuni kesalahanku pada hari kiamat”.

Berikut ini hadis nabi Muhammad saw:

“Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan sedekah dan hadapilah segala cobaan dan bahaya dengan doa serta rendah hati.”(HR. Abu Hurairah)