Alat bantu pemulihan

Kondisi kejiwaan seseorang tidak selalu stabil. Kadang naik/ membaik, kadang menurun. Kita harus menjaga agar kondisi kejiwaan kita selalu dalam keadaan baik atau bahkan semakin membaik dari hari kehari.

Hal serupa terjadi pada kesehatan jiwa. Kadang kondisi kesehatan badan kita sangat prima, kadang kita mengalami kondisi yang menurun, bahkan sampai jatuh sakit.

Tugas penderita gangguan jiwa, dengan dukungan keluarga, teman atau sahabat, adalah membuat kondisi kejiwaan seseorang untuk tetap baik, dan bahkan semakin membaik.

Agar kondisi kejiwaan selalu baik, dan kalau perlu semakin bertambah baik, kita perlu melakukan kegiatan atau berada dalam suasana yang positif yang mendukung peningkatan kesehatan jiwa.  Kegiatan atau suasana yang positif tersebut sering disebut sebagai alat bantu.

Setiap orang, khususnya penderita gangguan jiwa, perlu mengenali kegiatan kegiatan dan suasana apa saja yang akan dapat membuat jiwa terasa nyaman, tentram, sehat. Jenis alat bantu pemulihan tersebut kadang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Berikut ini beberapa alat bantu pemulihan yang sering disampaikan oleh para penderita gangguan jiwa:

  • makan 3 kali sehari
  • tidur siang
  • olah raga
  • bermain dengan binatang peliharaan
  • melakukan kegiatan positif (menolong, membantu mengerjakan sesuatu, dll) yang menyenangkan orang lain
  • mendengarkan musik
  • melakukan kegiatan kesenian (bermain music, melukis, menulis puisi, dll)
  • mengikuti pengajian

Coba anda buat daftar alat bantu apa saja yang dapat membantu meningkatkan kondisi kejiwaan anda. Bila anda merasa kondisi kejiwaan menurun atau stagnan, maka coba lakukan kegiatan kegiatan tersebut agar kondisi kejiwaan anda semakin membaik.

Kegiatan kegiatan tersebut ada yang perlu dilakukan setiap hari (misalnya: tidur siang, bermain music), tapi ada juga yang cukup dilakukan seminggu atau sebulan sekali (misalnya: bermain ke rumah teman, jalan jalan ke tempat wisata, menelpon sahabat atau saudara).