Kelly Risbey: 10 langkah positif pemulihan gangguan jiwa

Berdasar pengalaman berjuang mengatasi gangguan jiwanya, Kelly Risbey mengembangkan 10 langkah positif menuju pemulihan gangguan jiwa.

Ke 10 langkah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menerima keadaan diri seperti apa adanya, termasuk mau menerima bahwa dirinya sedang mengalami gangguan jiwa. Banyak penderita gangguan jiwa yang tidak merasa kalau ada sesuatu masalah dalam dirinya. Hal tersebut menyebabkan pemulihan gangguan jiwa menjadi sangat sulit. Langkah pertama adalah mengakui dan menyadari bahwa ada masalah kejiwaan yang harus diselesaikan.

2. Berani membicarakan masalah gangguan jiwa yang dialaminya dengan orang orang yang dipercayainya. Masalah gangguan jiwa tidak perlu diceritakan kepada semua orang, namun bicarakan masalah tersebut kepada orang orang tertentu yang dapat dipercaya.

3. Tetap aktif melakukan kegiatan. Jangan hanya mengurung diri dikamar. Berjuang dan upayakan untuk tetap aktif dengan melakukan kegiatan di dalam maupun di luar rumah. Paling tidak upayakan untuk tetap melakukan kegiatan di rumah, seperti membersihkan kamar, menata tempat tidur dan kegiatan ringan lainnya.

4. Belajar ketrampilan baru. Pelajarilah ketrampilan baru sesuai dengan bakat dan minat masing masing, misalnya: mempelajari ketrampilan bermain music, melukis, menulis atau ketrampilan/ kerajinan tangan.

5. Jaga pertemanan dan persaudaraan. Upayakan untuk tetap berhubungan dengan teman dan saudara, baik dengan pertemuan tatap muka, telpon, email atau kontak lainnya. Adanya pertemanan dan persahabatan akan mendorong proses pemulihan. Dilain pihak, mengurung diri atau isolasi, akan memperburuk kondisi kejiwaannya.

6. lakukan sesuatu yang kreatif, seperti melukis, bermain musik, bernyanyi, menulis puisi, dan kegiatan kegiatan kreatif atau kesenian lainnya.

7. Terlibat dalam kegiatan kegiatan social kemasyarakatan, seperti sekolah, kerja, pertemuan social dan kegiatan lainnya.

8. Carilah bantuan atau pertolongan dari tenaga kesehatan, psikolog, pekerja sosialĀ atau tenaga kesehatan jiwa lainnya. Kebanyakan untuk mengatasi gangguan jiwa diperlukan pertolongan para ahli kesehatan jiwa atau orang yang sudah pulih dari gangguan jiwa.

9. Bersantailah. jangan lupa untuk melakukan kegiatan kegiatan yang dapat membuat relaks atau santai, seperti: mendengarkan musik, menonton TV, jalan jalan santai di taman atau di pantai.

10. Berjuang untuk tetap hidup secara normal, sehat dan bahagia.

Sumber diolah dari http://mentalhealthwarrior.com/2014/04/10-positive-strategies-for-better-mental-health/