Pedoman pemulihan gangguan jiwa yang disusun oleh bekas penderita (7)

Dan Fisher dan Linda Rosenberg

Artikel ini merupakan kelanjutan tulisan sebelumnya

Menurut Dr Dan Fisher dan Laurie Ahern dari National Empowerment Center, ada perbedaan yang sangat nyata antara pelayanan kesehatan biasa (PKB)) dan pelayanan pemulihan PACE:

  1. PKB: Tidak semua orang bisa sakit jiwa. Hanya orang tertentu yang bisa sakit jiwa. PACE: Semua orang bisa terkena gangguan jiwa. Semua orang adalah sama.
  2. PKB: gangguan jiwa disebabkan karena adanya gangguan otak yang menetap. PACE: gangguan jiwa disebabkan karena tekanan jiwa yang berat (severe mental distress) dan hilangnya peranan sosial.
  3. PKB: pemulihan adalah suatu proses seumur hidup. PACE: penderita gangguan jiwa dapat pulih sepenuhnya.
  4. PKB: tujuan dari pelayanan rehabilitasi adalah menjaga agar tidak kambuh (maintenance). PACE: tujuan pelayanan adalah pulih sepenuhnya dari gangguan jiwa.
  5. PKB: pengendalian (kontrol) dengan paksaan oleh tim. Pengendalian dilakukan dari luar yang bersangkutan. PACE: pengendalian diri secara suka rela.
  6. PKB: kecepatan dan lama pemulihan ditentukan oleh tim. PACE: kecepatan dan lama proses pemulihan ditentukan sendiri oleh yang bersangkutan.
  7. PKB: hubungan antara petugas dan penderita adalah hubungan profesional. PACE: hubungan bersifat pertemanan.
  8. PKB: andalan utama bagi pemulihan adalah dengan pemberian obat obatan. PACE: pelayanan utama adalah dukungan psikososial dari orang orang yang percaya bahwa penderita gangguan jiwa bisa pulih sepenuhnya.
  9. PKB: pelayanan pemulihan mengandalkan tenaga profesional. PACE: pelayanan diberikan oleh orang yang pernah mengalami gangguan jiwa yang sudah pulih jiwanya.
  10. PKB: hasilnya adalah penderita gangguan jiwa yang tergantung kepada obat, dokter dan tenaga kesehatan jiwa lainnya. Kurang adanya tanggung jawab. PACE: manajemen diri sendiri (self management), rasa tanggung jawab semakin meningkat.
  11. PKB: pelayanan yang diberikan utamanya berupa pemberian obat anti gangguan jiwa. PACE: berbagai macam pelayanan diberikan sesuai kebutuhan pasien, antara lain: psikoedukasi, latihan memperkuat ketahanan jiwa, kegiatan yang dikelola bersama (peer run).
  12. PKB: obat diberikan seumur hidup. PACE: obat adalah hanya salah satu alat untuk mendukung proses pemulihan.

Bersambung