Pedoman pemulihan gangguan jiwa yang disusun oleh bekas penderita (1)

Laurie Ahern pernah menderita sakit jiwa ketika berumur 19 tahun. Saat ini, Laurie bekerja sebagai managing editor beberapa koran dan penulis lepas di Boston Globe dan Associated Press. Dia juga menjabat sebagai associate director Mental Disability Right International serta beberapa jabatan lainnya.

Dan Fisher adalah seorang dokter ahli kesehatan jiwa (psikiater), dan doktor (S3) dalam bidang biokimia. Ketika berumur 25 tahun, dia didiagnosa dengan skizofrenia dan pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit jiwa. Kini, Dan Fisher bekerja sebagai direktur National Empowerment Center dan anggota White Hose New Freedom Commission on Mental Health, penasehat  president AS dalam bidang kesehatan jiwa.

Kalau pedoman pemulihan gangguan jiwa ditulis oleh seseorang yang belajar tentang kesehatan jiwa, seperti dokter atau psikolog itu hal yang biasa. Bila pedoman pemulihan gangguan jiwa ditulis oleh seseorang yang pernah menderita gangguan jiwa, itu baru luar biasa dan perlu disimak serta dipelajari.

Laurie Ahern dan Dan Fisher sering memberikan ceramah bersama. keduanya kemudian menulis sebuah buku pedoman pemulihan gangguan jiwa Personal Assistance in Community Existence (PACE). Berikut ini beberapa ini sari dari buku tersebut.

Menurut Laurie Ahern dan Dan Fisher, penderita gangguan jiwa bisa pulih, asalkan mereka mendapatkan dukungan dan perlakuan yang tepat. Pendapat mereka berbeda dengan pendapat kebanyakan petugas rumah sakit jiwa dan masyarakat yang menyatakan bahwa gangguan jiwa adalah penyakit seumur hidup yang hanya bisa distabilkan, dirawat dan ditingkatkan kemampuannya, namun tetap menderita sakit jiwa.

Bersambung

Sumber bacaan bisa di download dihttp://nationalempowermentcenter.com/downloads/pace_manual.pdf