10 cara agar jiwa sehat: ketrampilan memecahkan masalah

masalah-2Setiap orang dalam hidupnya pasti menghadapi masalah. Bila seseorang mampu memecahkan masalah, maka kemungkinan orang tersebut mengalami stress atau depresi menjadi berkurang. Seseorang yang mengalami depresi menjadi berkurang depresinya setelah masalahnya terpecahkan.

Untuk itu, setiap orang perlu belajar teknik pemecahan masalah karena dengan mampu memecahkan masalah dengan baik, maka kinerja di sekolah maupun dikantor akan meningkat; hubungan dengan teman, saudara atau atasan menjadi lebih baik; hidup akan lebih memaskan dan kepercayaan diri juga akan meningkat.

Dalam kaitannya dengan kesehatan jiwa, langkah langkah pemecahan masalah dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut:

  1. Problem orientation. Misalnya: bagaimana perasaan anda saat ini (sedih, frustasi, marah, dll)
  2. Problem definition. Mengenal seluk beluk dari masalah tersebut, seperti sejak kapan munculnya, apa yang mendorongnya, apa yang bisa membuat ringan atau apa yang membuat menjadi lebih berat, dll.
  3. Pengembangan alternatif pemercahan masalah. Buat daftar hal hal apa saja yang bisa memecahkan masalah. Setiap alternatif pemecahan masalah kemudian dinilai mana yang paling tepat bisa memecahkan masalah yang ada
  4. Pengambilan keputusan. Memilih alternatif pemecahan mana yang akan dilaksanakan.
  5. Implementasi. Melaksanakan kegiatan sesuai dengan pemecahan masalah yang dipilih.
  6. Monitoring dan evaluasi. Mengamati apakah ada perbaikan sesuai dengan yang direncanakan atau perlu dilakukan perubahan perubahan.

Leave a Reply