Apa yang bisa membuat kita pulih?

Jalan atau cara orang kembali pulih dari gangguan jiwa berbeda antara satu orang dengan lainnya. Meskipun demikian, beberapa hal dibawah ini telah terbukti membantu orang dengan gangguan jiwa kembali pulih:

  1. Harapan. Adanya harapan yang tumbuh didalam diri seseorang bahwa hari esok dapat lebih baik dibanding kondisi sekarang merupakan kunci dalam proses pemulihan. Tanpa adanya harapan, tidak akan ada proses pemulihan. Harapan dapat ditumbuhkan, antara lain, dengan membaca riwayat oarng dengan gangguan jiwa yang kini pulih kembali, bertemu dan bergaul dengan penderita gangguan jiwa yang telah pulih, percaya bahwa Allah itu Maha Pengasih, maha Kuasa, dll.
  2. Penerimaan. Tidak ada manusia yang sempurna. Ada yang punya darah tinggi, kanker, tidak punya kaki, namun juga ada yang terkena gangguan jiwa. Kesediaan menerima bahwa dirinya menderita gangguan jiwa dengan berbagai kesulitan yang diakibatkannya, merupakan salah satu kunci pemulihan. Kesediaan menerima tersebut akan menjadi titik balik, dimana yang bersangkutan mulai bersedia membuat rencana kedepan dan melakukan langkah langkah untuk mengatasi penyakitnya. Kepercayaan kepada Allah bahwa semua ini ada maknanya tersendiri akan membuat penerimaan terhadap penyakitnya menjadi lebih mudah. Penerimaan bahwa dirinya menderita gangguan jiwa juga akan membuka kesempatan kesempatan yang mungkin berbeda dengan cita citanya dimasa lalu.
  3. Bersikap aktif. Sakit gangguan jiwa memang bisa membuat seseorang kehilangan kendali atas kehidupannya. Dokter, perawat, keluarga yang mengatur segalanya. Dalam proses pemulihan, penderita gangguan jiwa perlu bersikap aktif, misalnya: mengenali hal hal yang membuatnya kambuh, mengenali hal hal yang membuatnya terasa lebih sehat, dll.
  4. Stabilitas. Masalah keuangan dan tempat tinggal merupakan dua hal yang sering membuat gelisah penderita gangguan jiwa. Mengatasi hal ini bukan masalah gampang karena situasi ekonomi di Indonesia sedang sulit. Untuk itu, keyakinan dan ketakwaan kepada Allah menjadi penting. Dukungan keluarga dan masyarakat sangat diperlukan agar penderita gangguan jiwa tidak menjadi gelandangan.
  5. Hubungan sosial. Hidup menyendiri akan membuat gangguan jiwa menjadi semakin buruk. Ngobrol dan bergaul dengan teman, saudara dan kenalan akan mendukung proses pemulihan.
  6. Terapi. Minum obat dan pendampingan psikologis dari keluarga atau teman akan dapat mendukung proses pemulihan.
  7. Pola hidup sehat. Menjalani pola hidup sehat akan mendukung proses pemulihan. Pola hidup yang terkait dengan gangguan jiwa, antara lain: tidur teratur (jangan begadang), hindari minuman keras, olah raga ringan diluar rumah, makan makanan yang sehat, melakukan kegiatan yang positif (bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan kamar, ikut pengajian, menjadi sukarelawan dengan membantu di panti asuhan, membantu janda tua yang hidup sendiri, dll).

Sumber bacaan: http://www.rethink.org/living-with-mental-illness/recovery/what-is-recovery/my-recovery