Seri wirausaha sosial: lapangan kerja penderita gangguan jiwa (3)

La Fageda adalah sebuah wirausaha sosial di Spanyol. Didirikan oleh Christobal Colon, seorang psikolog, pada tahun 1982, La Fageda bergerak di bidang peternakan sapi perah dan pengolahan susu menjadi yoghurt dan hasil olahan lainnya.

Yang unik mengenai La Fageda adalah perusahaan tersebut berbentuk koperasi dengan sekitar 280 anggota (pada tahun 2010) dimana sekitar 160 diantaranya adalah penderita gangguan jiwa. Omset mereka mencapai 14 juta dolar per tahun. Di Spanyol La Fageda tidak kalah dari perusahaan besar seperti Danone atau Nestle.

Pada tahun 1960an, Christobal Colon melihat bahwa rumah sakit jiwa di Spanyol sangat sedikit memberikan pelayanan kesehatan. Kegiatan RSJ sebagian besar hanya membuat sibuk para penderita gangguan jiwa dengan menyuruh mereka melakukan kerja yang tidak bernilai secara ekonomis.  Dia berpendapat bahwa para penderita gangguan jiwa perlu diberi pekerjaan yang dapat memberinya penghasilan yang layak sehingga meningkatkan harga diri dan kesehatan jiwanya.

Selain bergerak di bidang sapi perah, La Fageda juga mempunyai kebun buah buahan yang hasilnya dibuat selai, peternakan sapi sebanyak 500 ekor, dan pelayanan pertamanan. Mereka juga memperkerjakan sebuah kelompok psikolog yang menangani aspek kejiwaan dari penderita gangguan jiwa.