Seri wirausaha sosial: lapangan kerja penderita gangguan jiwa (2)

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pekerjaan merupakan salah satu hal yang penting bagi pemulihan gangguan jiwa. Adanya pekerjaan akan mempermudah dan membantu seseorang pulih dari gangguan jiwanya.

Sayangnya, menciptakan lapangan pekerjaan bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Berbagai latihan kerja yang dilakukan oleh rumah sakit jiwa atau panti rehabilitasi tidak mampu memberikan penghasilan yang layak dan kepuasan kerja kepada para penderita gangguan jiwa yang bekerja disana.

Harbor City Service merupakan sebuah wirausaha sosial, sebagai bagian dari perusahaan Humanim, yang sebagian besar pegawainya adalah bekas penderita gangguan jiwa yang telah pulih. Harbor City Service mempunyai dua tujuan utama, yaitu: mencari penghasilan agar perusahaan bisa mandiri secara keuangan dan sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi para penderita gangguan jiwa yang telah pulih.

Harbor City Services didirikan di tahun 1987 dan bergerak di bidang pergudangan, manajemen arsip atau dokumen, penghancuran dokumen, dan pindahan (moving company). Mereka mempunyai lebih dari 300 pelanggan, seperti: rumah sakit, lembaga pemerintah, kantor hukum (law firms) dan berbagai lembaga swasta non profit.Mereka mempunyai gudang seluas kira kira 5000 m2 yang mampu memberikan jasa pergudang lengkap.