10 Langkah Pemulihan Gangguan Jiwa

Gangguan jiwa bisa pulih. Hanya saja, proses pemulihannya berjalan pelan pelan sejalan dengan semakin kuatnya ketahanan jiwa seseorang.

Selain dengan minum obat, langkah langkah yang perlu dilakukan adalah memperbaiki pola pikir dan meningkatkan ketahanan jiwa sehingga mampu mengatasi segala bentuk stress atau tekanan jiwa.

Langkah langkah pemulihan dapat dilaksanakan dalam kegiatan kelompok, namun bisa juga secara perseorangan. Bila dalam kelompok, anggota kelompok mendiskusikan dan mencerna setiap pernyataan atau langkah langkah pemulihan gangguan jiwa.

Berikut ini langkah langkah untuk memperkuat ketahanan jiwa, yaitu dengan memahami dan menerapkan 10 langkah pemulihan jiwa dibawah ini:

  1. Kami menyadari dan mengakui bahwa jiwa kami terganggu oleh adanya pikiran pikiran (misal: keluarga akan mengalami bencana, saya tidak berguna, saya diberi tugas untuk menyelamatkan dunia), perasaan perasaan (misal: marah, sedih, takut, tidak kenal takut/ gembira berlebihan), dan perilaku (misal: melempari rumah tetangga, berteriak-teriak) yang tidak sepenuhnya dapat kami kendalikan.
  2. Kami percaya sepenuhnya bahwa ada Tuhan Yang Maha Kuasa yang dapat membantu kami mengatasi gangguan dalam jiwa kami tersebut.
  3. Kami belajar secara bersungguh-sungguh untuk mendalami makna tauhid dan 99 sifat Allah.
  4. Kami secara bertahap dan tanpa mengenal lelah berusaha untuk menerapkan pemahaman tentang tauhid dan 99 sifat Allah  dalam kehidupan kami sehari-hari.
  5. Kami belajar tanpa kenal lelah untuk mengenali semua sifat kejiwaan kami, baik yang positif maupun yang negatif.
  6. Dengan segala kerendahan hati kami memohon kepada Allah agar berkenan menghilangkan semua sifat sifat negatif dan memperkuat sifat sifat positif yang kami miliki.
  7. Kami membuat daftar orang orang yang telah kami sakiti atau telah mengalami kesusahan karena perbuatan kami dimasa lalu.
  8. Terhadap mereka, secara langsung atau tidak langsung, kami meminta maaf dan memperbaiki kesalahan tersebut.
  9. Kami tingkatkan kesehatan dan kekuatan jiwa dengan berdzikir, berdoa, mengerjakan sholat wajib, puasa serta dengan melakukan berbagai amal kebajikan.
  10. Kami terus menerus memperbaiki dan menyehatkan jiwa hingga akhir hayat kami.