Obat saja tidak cukup

Obat memang bisa menghilangkan gejala positif skizofrenia, seperti waham dan halusinasi. Namun agar bisa kembali hidup normal dan produktif di masyarakat, penderita gangguan jiwa memerlukan dukungan keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Selain obat, penderita gangguan jiwa juga memerlukan tempat tinggal, pekerjaan, persahabatan dan dukungan kekerabatan.

Oleh karena itu, penderita gangguan jiwa awal yang tidak hanya mendapatkan pengobatan, tapi juga dukungan psikososial yang dibutuhkannya, akan dapat pulih dengan baik.

Sedangkan penderita yang menjadi kronis, karena kurang tepatnya penanganan difase awal sakitnya,┬ámaka pemulihan yang bersangkutan menjadi semakin sulit. Ketika harus merawat anggota keluarga yang terkena gangguan jiwa selama bertahun-tahun, maka sumber daya (terutama keuangan) dan kesabaran keluarga semakin menipis. Kadang beberapa keluarga sampai “angkat tangan” melepaskan tanggung jawabnya. Kurangnya dukungan keluarga menyebabkan proses pemulihan menjadi semakin sulit.

Di negara negara maju, program pemulihan gangguan jiwa diprioritaskan pada penderita fase awal, sehingga kemungkinan bisa pulih dengan baik semakin besar dan lebih mudah.