1 0 cara agar jiwa tetap (dan menjadi menjadi lebih) sehat: Pengantar

Hidup, khususnya di Jakarta, memang sering bikin stress. Berikut ini contoh hidup yang bikin stress dan juga tanda bahwa orang orangnya sudah tidak sehat lagi jiwanya.

 

“Ketika lampu hijau menyala, motor-motor yang ada di paling depan tidak juga beranjak. Kayaknya para pengendara itu terlalu asyik ngobrol satu sama lain. Setelah menunggu beberapa detik, supir APV jadi kurang sabaran dan langsung ngelakson berkali-kali. Dan apa yang tejadi?

Bukannya beranjak dari situ, para pengendara motor malah murka. Mereka menyetandard motornya di tengah jalan lalu sekitar 8 orang melepaskan helmnya. Selanjutnya terdengar suara Brak…bruk…brak…bruk!!!!

Seperti adegan di film-film Hollywood, rombongan anak muda itu menghantam mobil APV dengan ganas. Mobil malang itu penyok-penyok dan semua lampu depan dan belakang hancur berantakan. Pengemudinya ketakutan bukan main sehingga memutuskan untuk tetap tinggal di dalam mobil.

Puas menghancurkan mobil, semua anak muda itu kembali ke motornya dan meninggalkan tempat itu bagai jagoan di film-film koboy”. ….

Bagaimana agar jiwa kita (juga jiwa anak anak, saudara dan teman) tetap sehat dalam kondisi lingkungan yang seperti itu? Berikut ini ada 10 cara agar jiwa tetap sehat dan menjadi lebih sehat. Ke 10 cara tersebut nanti akan diuraikan secara mendalam satu persatu. Ke 10 cara tersebut telah terbukti bermanfaat dan membuat jiwa sehat. Ke 10 cara tersebut adalah:

  1. Bersahabat dan bergaul dengan orang lain. Manfaatnya: Orang yang bersahabat dan bergaul dengan orang orang lain merasa lebih bahagia dan lebih sehat, dan kebanyakan juga hidup lebih lama.
  2. Berpikir positif dan bersyukur. Manfaatnya: Orang yang selalu melihat sisi positif dari suatu kejadian tidak akan terlalu merasa sakit ketika sesuatu yang buruk menimpanya. Selain itu, perasaan sakit tersebut juga akan cepat hilang.
  3. Berolahraga. Manfaatnya: Orang yang secara fisik aktif akan terhindar dari gangguan tidur dan terhindar dari depresi
  4. Bantu orang lain/ tolong menolong.Manfaatnya: Orang yang sering menolong orang lain secara konsisten hidupnya lebih tenang, jarang terkena depresi dan lebih jarang menderita.
  5. Tidur yang cukup. Manfaatnya: Orang yang kurang istirahat cenderung kegemukan, mengalami kecelakaan, sering lupa dan serangan jantung.
  6. Ciptakan kesenangan dan kepuasan. Manfaatnya: Emosi yang positif memperkuat daya tahan dan memudahkan pulih bila terkena trauma kejiwaan.
  7. Makan secara sehat. Manfaatnya: makan yang cukup dan bergizi akan membuat tubuh lebih berenergi, terhindar dari penyakit fisik dan membuat suasana hati juga sehat.
  8. Menguatkan iman . Manfaatnya:Keimanan mengurangi stress sehingga terhindar dari penyakit akibat stress.
  9. Membangun kemampuan dan dukungan sehingga mampu memecahkan masalah hidup. Manfaatnya: Orang yang mampu atau mempunyai dukungan sehingga mampu mengatasi kesulitan hidup biasanya jarang mengalami depresi
  10. Dapatkan bantuan ahli bila diperlukan. Manfaatnya: 80% orang yang mendapatkan pengobatan akibat depresi terbukti membaik kondisinya.

Berlanjut

Referensi: http://www.liveyourlifewell.org/go/live-your-life-well/ways

Leave a Reply