Titik balik menuju pemulihan jiwa

Johny Benyamin

Penderita gangguan jiwa yang sudah bertahun-tahun mengalami gangguan jiwa, pada suatu saat bisa menemui titik balik dan mulai beranjak pulih. Hanya saja, tititk balik tersebut berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Ketika masih remaja dan sedang menderita skizofrenia, Dr Patricia Deegan menemui titik balik tersebut ketika dia mau diajak ikut berbelanja ke supermarket. Tugasnya hanya ringan yaitu mendorong kereta belanjaan. Sejak saat itu tumbuh keinginannya untuk pulih dan menjadi doktor psikologi klinis.

Dr Daniel Fisher, yang saat itu didiagnosa skizofrenia, menemui titik balik ketika kakak iparnya yang dokter bilang kepadanya bahwa dia juga bisa jadi dokter. Kini Daniel Fisher adalah psikiater dan direktur National Empowerment Center, Amerika.

Johny Benyamin mempunyai tekad untuk sehat karena menerima kiriman sms dari kakaknya.

Tugas keluarga, teman dan petugas pemulihan gangguan jiwa adalah menciptakan suasana yang memungkinkan munculnya titik balik tersebut. Titik balik adalah suatu kejadian yang kemudian menumbuhkan keinginan kuat pada penderita gangguan jiwa untuk pulih dan kembali hidup produktif di masyarakat.