Rudi dan Abdul: peserta program pemulihan

Pak Rudi (bukan nama sebenarnya),  umur 45 tahun, berasal dari Magelang. Dia datang ke Tirto Jiwo diantar oleh ibunya. Dia telah lebih dari 15 tahun tahun menderita skizofrenia.

Pak Rudi datang ke Tirto Jiwo karena ingin pulih dari gangguan jiwanya. Dia ingin bisa bekerja dan mendapatkan uang.

Pada waktu datang, gejala yang menonjol pada Pak Rudi adalah anhedonia, yaitu terlihat pasif, apatis, inginnya hanya duduk diam menonton TV. Semangat dan gairah hidupnya sangat rendah. Pak Rudi kadang kadang masih mendengar suara suara. Akhir akhir ini suara yang sering ia dengar adalah suara suara orang mengaji.

Pak Rudi rutin kontrol ke  RSJ Magelang. Namun hari ini obatnya hanya tinggal 3 buah. Kelihatannya, orang tua Pak Rudi tidak punya uang untuk berobat. Oleh karena itu, rencananya, Pak Rudi akan kita bawa ke RSUD Purworejo untuk kontrol dan berobat ke psikiater yang berpraktek di RSUD Purworejo.

Sebenarnya, hingga sekarang, belum ada obat yang manjur untuk mengatasi gejala anhedonia pada penderita skizofrenia. Kalau dari sisi medis, gejala skizofrenia Pak Rudi sudah terkendali. Namun dari sisi pemulihan, Pak Rudi masih harus dibimbing dan dibantu. Tujuan Pak Rudi agar bias bekerja dan mendapatkan penghasilan belum tercapai.

Program untuk Pak Rudi, selain membawanya kontrol ke psikiater, juga akan mulai diberi penugasan, antara lain membantu tukang memperbaiki kawat anti nyamuk dan membantu tukang mengerjakan pembangunan kandang rusa yang hampir selesai. Terapi psikososial, dengan memberinya kepercayaan, harapan dan kegiatan yang berarti diharapkan akan dapat mendorongnya untuk bias pulih dan mencapai cita citanya, yaitu hidup mandiri secara social ekonomi di masyarakat.

Pak Abdul, juga bukan nama sebenarnya, asal Klaten, umur 37 tahun, sudah berkeluarga dengan 1 anak. Dia sudah menderita skizofrenia selama 12 tahuan, yaitu sejak tahun 2002.

Dibandingkan dengan Pak Rudi, keinginan Pak Abdul untuk bisa pulih terlihat lebih besar. Hanya saja, rasa ketakutan dan halusinasi yang dialami oleh Pak Abdul lebih terlihat.

Program bagi Pak Abdul akan diarahkan untuk mengatasi halusinasi dan ketakutan yang dialaminya. Baik Pak Rudi maupun Pak Abdul, dua duanya masih minum obat anti gangguan jiwa dosisi tinggi

Semoga Allah SWT berkenan memudahkan proses pemulihan bagi mereka berdua. aamiin.