Pendekatan baru dalam mengendalikan halusinasi suara (2)

Halusinasi sering muncul ketika seseorang sedang menganggur (tidak melakukan kegiatan) atau hanya bersikap pasif (misalnya: menonton TV). Halusinasi juga gampang muncul ketika ketika seseorang melakukan sesuatu kegiatan, namun pikirannya melayang atau mengembara ketempat lain. Misalnya: ketika mencuci piring, tapi pikiran memikirkan kejadian masa lalu.

Langkah kedua dalam mengendalikan halusinasi adalah dengan melatih pikiran agar tetap “berada disini (here) dan pada saat ini (now). Keadaan ini berlawanan dengan keadaan ketika kita berjalan ke kantor, namun pikiran berada atau memikirkan hal hal lain. kita sering berjalan secara otomatis.

Salah satu cara melatih agar pikiran kita selalu berada “here and now”:

  1. Pilih salah satu kegiatan yang paling penting dan segera lakukan hal tersebut.
  2. Lakukan satu kegiatan saja
  3. Arahkan semua pikiran pada kegiatan tersebut
  4. Bila pikiran terbawa kearah lain, segera bawa kembali pikiran tersebut untuk tetap focus (terpusat) pada apa yang dikerjakan sekarang.
  5. Ulangi langkah nomer 4 setiap kali pikiran kita pergi ketampat lain. Langkah ini perlu diulang-ulang hingga kegiatan tersebut selesai.
  6. Bila ada suara suara atau pikirang  selalu muncul berkali-kali dan mengganggu (mengalihkan perhatian kita dari kegiatan yang sedang dilakukan), maka kita bisa mendengarkan suara tersebut saat itu atau membuat janjian untuk mendenragkannya disaat yang lain.

Cara lain adalah dengan melakukan walking meditation (meditasi sambil berjalan), yaitu kita fokuskan pikiran dan perhatian sambil kita berjalan. Misalnya, sambil berjalan maka perhatikan apa yang kita lihat dan kita rasakan. Selalu arahkan perhatian pada apa yang kita lakukan dan kita lihat. Bila pikiran melayang ke masa lalu atau ke tempat lain, segera bawa kembali pikiran dan perhatian pada keadaan “here and now”