10 Langkah memperkuat ketahanan jiwa (2)

Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan sebelumnya

5. Memanfaatkan masalah sebagai alat untuk lebih mengenal diri sendiri. Manusia bisa belajar mengenal dan menemukan dirinya (kekuatan, kelemahan, cita cita, nilai nilai yang dianutnya) ketika berusaha mengatasi masalah yang dihadapinya atau kehilangan yang dialaminya. Banyak orang yang setelah mengalami tragedy (bencana) melaporkan bahwa bencana membuat mereka lebih dekat kepada Tuhannya, lebih dekat dengan keluarganya, merasa lebih kuat jiwanya.

6. Memupuk sikap positif terhadap diri sendiri. Seseorang yang lebih percaya diri pada kemampuannya mengatasi masalah dan pada naluri serta kata hatinya akan mempunyai ketahanan diri yang kuat.

7. Mendudukkan segala sesuatunya pada tempatnya. Masalah yang besar bila ditempatkan pada perspektif jangka panjang akan bisa terasa lebih ringan. masalah kecil bila dibesar-besarkan akan terasa sangat berat.

8. Melihat kedepan dengan sikap positif.Pandangan yang optimistic akan memungkinkan kita melihat peluang dan jalan untuk mengatasi masalah. Pandangan negative akan membuat semuanya terasa gelap dan tertutup.

9. Memelihara kesehatan fisik. Didalam badan yang sehat, berdiam jiwa yang sehat. Luangkan waktu untuk berolah raga, bersantai dan melakukan kegiatan fisik yang positif akan memperkuat ketahanan jiwa.

10. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Percaya bahwa Tuhan itu Maha Kuasa dan mau menolong hambanya membuat seseorang tidak gampang putus asa. Percaya bahwa Tuhan itu Maha Pengampun membuat seseorang tidak lagi terbebani dengan kesalahan masa lalu.