12 Tahapan dalam pemulihan dari gangguan jiwa

Penderita gangguan jiwa, seberat apapun sakitnya, akan bisa pulih (bekerja, berkeluarga dan hidup bermasyarakat) asalkan mereka mendapatkan dukungan medis dan psikososial yang dibutuhkannya. Hanya saja, hampir tidak ada  penderita yang pulih hanya karena minum obat secara teratur sesuai perintah dokter. Mereka juga harus mau berupaya agar dirinya bisa pulih.

Bagi penderita kecanduan minuman keras atau obat bius, ada 12 langkah menuju pemulihan. Ke 12 langkah tersebut dapat diubah dan disesuaikan sehingga cocok bagi penderita gangguan jiwa.

Berikut ini 12 langkah (step) dalam pemulihan gangguan jiwa.

  1. Langkah pertama adalah mau menerima kenyataan bahwa mereka kadang tidak mampu mengendalikan perasaan, pemikiran dan perilakunya yang sering menyimpang dari kebanyakan orang.
  2. Langkah kedua adalah percaya/ yakin bahwa ada Tuhan yang Maha Kuasa yang bisa dan mampu menolong mereka.
  3. Langkah ketiga adalah menetapkan niat dan berupaya membangun kembali kehidupannya agar lebih sesuai dengan tuntunan dari Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
  4. Langkah keempat adalah menggali dan mengenali berbagai kekuatan dan kelemahan serta kesalahan yang dipunyainya.
  5. Langkah kelima adalah mengadu kepada Allah Yang Maha Pengampun atas segala kelemahan dan kesalahan yang dilakukannya.
  6. Langkah keenam adalah bersiap menerima segala tuntunan dan pertolongan Allah dalam memperbaiki kelemahan dan mengampuni kesalahan masa lalu.
  7. Langkah ketujuh adalah memohon kepada Allah dengan segala kerendahan hati agar berkenan menghapus segala dosa dan memperbaiki segala kelemahannya.
  8. Langkah kedelapan adalah membuat daftar kesalahan dan dosa besar
  9. Langkah kesembilan adalah memohon ampun kepada Tuhan dan kepada orang atas segala kesalahannya.
  10. Langkah kesepuluh adalah melakukan mawas diri secara terus menerus atas segala dosa dan kesalahan dan melakukan perbaikan serta meohon ampunan.
  11. Langkah kesebelas adalah melakukan kegiatan kegiatan (sholat, dzikir, amal shaleh, puasa) untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhan
  12. Langkah keduabelas adalah membantu orang lain yang menderita gangguan jiwa agar bisa pulih seperti dirinya.