Cara mengatasi depresi

Dalam kehidupan manusia adalah wajar bila sesekali kita merasa sedih dan putus asa. Meskipun demikian, bila perasaan tersebut berlangsung setiap hari selama 2 minggu atau lebih dan mengganggu kegiatan sehari-hari, maka perasaan itu sudah tidak wajar. kita sudah terjatuh kedalam sakit depresi.

Seseorang yang cenderung terkena depresi sering memakai cara yang salah dalam mengatasi perasaan sedihnya sehingga mereka malahan kemudian terjebak ke dalam depresi. Beberapa cara kurang sehat dalam mengatasi depresi, antara lain: mengurung diri di kamar, tidak mau ketemu orang, minum-minuman keras atau obat terlarang, bolos kerja.

Seseorang dengan kecenderungan depresi juga sering mempunyai pola pikir yang kurang sehat, seperti: cepat lompat ke kesimpulan, berpikir hitam putih, berpikir pesimis, menentukan standar yang tinggi bagi dirinya.

Bagaimana cara mengatasi depresi tanpa minum obat? 

  1. Cara pertama mengatasi depresi adalah dengan melakukan kegiatan positif yang disenanginya dan yg sesuai dengan prinsip hidupnya. Misalnya: jalan ke luar rumah untuk mendapatkan udara segar, menelpon teman.
  2. Cara kedua adalah dengan mengamati pola pikir yang kurang sehat dan mengubahnya dengan pola pikir yang lebih sehat.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikelnya dengan meng-klik link ini.

Bila anda ingin belajar tentang pemulihan gangguan jiwa, silahkan download buku Pemulihan Gangguan Jiwa: Pedoman bagi penderita, keluarga dan relawan jiwa dengan mengunjungi page ini.