Mary Ellen Copeland, pulih dari gangguan jiwa bipolar

Mary Ellen Copeland mempunyai ibu yang menderita gangguan jiwa bipolar. Ibunya pernah dirawat selama 8 tahun di rumah sakit jiwa di salah satu kota di Amerika.

Mary Ellen Copeland juga menderita gangguan jiwa bipolar. Saat itu, dokter memberi tahu Mary bahwa sakitnya belum ada obatnya, dia tidak akan bisa sembuh dan pelan pelan penyakitnya akan semakin berat. Dia kemudian minum obat secara teratur karena dia tidak ingin kambuh dari sakitnya.

Selama sekitar 10 tahun dia minum obat hingga suatu saat efek samping obat tersebut membuatnya menderita gangguan pencernaan. Mulai saat itu, dia mulai berpikir cara lain selain hanya minum obat agar pulih dari sakitnya. Dia kemudian, bersama sama dengan sesama penderita gangguan jiwa mengembangkan suatu tehnik yang bila dilakukan dalam kegiatan sehari hari membuat yang bersangkutan bias pulih dari sakitnya.

Mary Ellen Copeland berhasil mengembangkan suatu tehnik yang disebutnya Wellness Recovery Action Plan (WRAP), atau terjemahan bebasnya rencana kerja pemulihan. Ternyata WRAP efektif dalam mencegah dan membuat penderita gangguan jiwa pulih dari sakitnya. Kini WRAP diterapkan di berbagai Negara di dunia.

Bagi yang ingin tahu tentang WRAP silahkan ketik wellness action recovery plan di google atau cari artikel tentang pemulihan di website ini.