Cara mengendalikan marah

Funny Angry Face_Setiap orang pernah marah. Marah memang kadang kadang diperlukan. Marah jadi penyakit (kurang baik) bila marah terlalu sering, terlalu lama, pada waktu yang tidak tepat dan bila berlebihan.

Marah bisa berakibat buruk terhadap hubungan kita dengan seseorang dan dalam pekerjaan. Marah juga bisa membuat penilaian kita terhadap diri sendiri berubah. Kita cenderung menyalahkan orang lain bila marah.

Bila kita terlalu sering marah, setiap marah berlangsung terlalu lama, marah timbul pada waktu yang tidak tepat (hanya dipicu oleh hal hal kecil) dan bila marah menjadi berlebihan, maka kita perlu berlatih mengendalikan marah.

Langkah pertama dalam mengendalikan marah adalah dengan mempelajari bagaimana pola marah tersebut. Coba ingat ingat hal hal/ kejadian apa yg membuat kita marah, apa yg ada dipikiran ketika marah, apa reaksi tubuh ketika marah. Dengan menganalisa antara kejadian yg menyebabkan kita marah dan apa yg ada dipikiran ketika marah, kita bisa mengetahui pola berpikir kita yang tidak sehat sehingga menyebabkan kita gampang marah. Dengan mengubah pola berpikir kearah pola pikir yang lebih sehat, maka kita akan bisa mengendalikan perasaan dan pikiran kita sehingga kita tidak gampang marah.

Cara lain dalam mengendalikan marah, antara lain:

  1. melakukan relaksasi dengan bersantai (olah raga, membaca buku, menonton tv atau fil yang digemari, berkunjung ke rumah saudara atau teman, mengerjakan hobi, dll)
  2. melakukan latihan pernapasan (latihan napas panjang)
  3. hindari minum alkohol, banyak minum kopi, obat obatan terlarang, dll.
  4. perbanyak bergaul dengan teman dan saudara
  5. belajar teknik pemecahan masalah (problem solving) agar lebih pintar dalam memecahkan masalah kehidupan.
  6. melakukan olah raga secara teratur akan membuat kita lebih bisa mengendalikan marah
  7. ciptakan atau pilih tinggal dilingkungan yang nyaman, sejuk (tidak pengap, panas, berisik, dll) yang memudahkan kita menjadi pemarah.