Mengatasi rendah diri (low self-esteem) 2

Apa yang menyebabkan rendah diri ?

Keyakinan yang Anda miliki tentang diri Anda sering muncul menjadi pernyataan fakta (keadaan diri anda), meskipun sebenarnya hal tersebut sebenarnya hanya pendapat anda sendiri. Pernyataan tentang nilai diri yang rendah tersebut didasarkan pada pengalaman yang telah Anda miliki dalam hidup. Jika pengalaman hidup Anda banyak negatif , maka keyakinan Anda tentang diri Anda sendiri cenderung negatif juga.

Pengalaman penting yang membantu untuk membentuk keyakinan kita tentang diri kita sendiri sering ( meskipun tidak selalu ) terjadi pada awal kehidupan. Apa yang Anda lihat , dengar dan alami di masa kecil – dalam keluarga Anda , di masyarakat luas dan di sekolah – akan mempengaruhi cara Anda melihat diri Anda . Contoh pengalaman awal yang dapat menyebabkan Anda berpikir buruk diri sendiri meliputi:

  • hukuman, kurang asuhan atau mengalami kekerasan 
  • gagal memenuhi standar orangtua
  • gagal memenuhi standar teman sepermainan
  • dari keluarga atau kelompok sosial yang dicap buruk oleh masyarakat
  • tidak adanya pujian, kehangatan , kasih sayang atau perhatian
  • menjadi orang aneh keluar , di rumah atau di sekolah .

Kadang-kadang keyakinan negatif tentang diri disebabkan oleh pengalaman di kemudian hari , seperti ancaman atau intimidasi  di tempat kerja , hubungan antar manusia yang kasar , stres terus-menerus atau kesulitan , atau kejadian traumatis .

Pada intinya, rasa rendah diri timbul karena kita menilai diri kita sendiri negatif. Karena penilaian terhadap diri sendiri yang negatif tersebut terbentuk di masa kecil , maka penilaian diri tersebut biasanya bias dan tidak akurat , karena didasarkan pada pandangan seorang anak. Hal tersebut terbentuk  berdasar kesalahpahaman tentang pengalaman , karena Anda ketika itu belum memiliki pengetahuan yang dewasa dan belum memahami secara benar tentang apa yang sedang terjadi . Meskipun keyakinan ini mungkin tidak membantu atau ketinggalan jaman sekarang, mereka datang dari saat mereka masuk akal , mengingat apa yang Anda alami saat itu .

Pemikiran negatif tentang diri yang telah terbentuk dimasa kecil tersebut menjadi semakin sulit untuk diubah . Hal ini karena dipelihara dan diperkuat oleh pemikiran bias , yaitu Anda percaya kepada pemikiran yg sesuai dengan segala sesuatu yg negatif  dan tidak menenrima pemikiran yang psositif.

Dua bias berpikir berkontribusi rendah diri : persepsi bias dan interpretasi bias . Persepsi bias berarti bahwa Anda cepat untuk melihat apa saja yang cocok dengan ide-ide negatif tentang diri Anda , dan Anda menyaring apa pun yang bertentangan dengan hal tersebut. Jadi Anda berfokus pada kesalahan yang anda lakukan, dan mengabaikan kebaikan kebaikan yang Anda lakukan. Interpretasi bias berarti bahwa Anda menyelewengkan/ membelokkan makna yang melekat pada apa yang Anda alami – bahkan jika pengalaman adalah positif ( jadi jika seseorang memuji Anda pada penampilan Anda , Anda mungkin berpikir bahwa ini berarti mereka telah melihat keadaan anda yang tidak menarik sebelumnya, atau bahwa apa yang mereka katakan hanya mencoba untuk bersikap baik/ sopan ) .

Bias ini menyebabkan pola pikir yang menilai diri negatif tetap ada dan tidak berubah.  Anda mengantisipasi bahwa hal-hal akan menjadi buruk , dan ini membuat Anda peka terhadap tanda-tanda kejadian buruk/ jelek seperti yang Anda pikirkan .

Pola pikir negatif terhadap diri sendiri menyebabkan anda mempunyai pola hidup yang sesuai. Misalnya karena anda berkeyakinan  negatif ‘ aku bodoh ‘ , maka pola hidup anda menjadi ‘ Lebih baik tidak mencoba daripada gagal ‘ . Penilaian kepada diri sendiri yang negatif menyebabkan timbulnya pola hidup yang negatif juga dan memperkuat penilaian diri yang negatif tersebut.

Mengatasi rendah diri

Untuk mengatasi rendah diri itu perlu untuk memutuskan siklus yang membuat rasa rendah diri tersebut  terjadi. Terapi Perilaku Kognitif (CBT) adalah sebuah pendekatan yang ideal untuk mengatasi rendah diri, karena memberikan kerangka yang jelas untuk memahami bagaimana masalah berkembang dan apa yang membuat rendah diri terjadi. CBT berfokus pada pikiran, keyakinan dan pendapat, tetapi juga menyediakan pendekatan praktis untuk mengubah keyakinan dengan mengubah perilaku. Ini mendorong Anda untuk mencoba cara-cara baru berperilaku, dan untuk mengamati efek bahwa ini terhadap cara Anda merasa tentang diri Anda. Dengan CBT Anda dapat belajar untuk:

  • melihat pemikiran kritis terhadap diri sendiri dan menggantinya dengan pikiran yang lebih sehat.
  • melawan bias terhadap diri dengan berfokus pada kemampuan positif Anda
  • mengubah pola hidup yang menyebabkan Anda terjebak dalam pola pikir negatif.