Mengatasi rasa rendah diri (low self-esteem) 1

Harga diri adalah aspek dari cara kita melihat diri kita sendiri. Ini berbeda dari citra diri, yang mungkin menjelaskan berbagai macam karakteristik (seperti ‘Aku orang Indonesia’ atau ‘aku perempuan’) tapi tanpa menyiratkan apakah hal tersebut baik atau buruk. Harga diri mengacu pada keseluruhan pendapat yang kita miliki tentang diri kita dan nilai kita tempatkan pada diri kita sebagai manusia. Harga diri yang rendah berarti bahwa nada pendapat ini adalah negatif: misalnya, “Aku tidak layak dicintai ‘atau’ aku tidak berguna ‘. Tentu saja sebagian besar dari kita memiliki pendapat campuran diri kita sendiri, tetapi jika pendapat Anda secara keseluruhan adalah bahwa Anda adalah orang yang tidak memadai atau rendah, jika Anda merasa bahwa Anda tidak memiliki nilai sebenarnya dan merasa tidak berhak atas hal-hal baik dalam hidup, ini berarti mempunyai rasa rendah diri (self esteem). Dan mempunyai rasa rendah diri dapat memiliki efek yang menyakitkan dan merusak hidup Anda.

Bila anda mempunyai rasa rendah diri, maka Anda cenderung kritis terhadap diri sendiri , menyalahkan diri sendiri dan meragukan diri , dan fokus pada kelemahan Anda daripada kualitas positif Anda . Keyakinan tersebut akan mempengaruhi perilaku Anda : Anda dapat menghindari tantangan dan peluang , akan terus menyesal , atau merasa sulit untuk bersikap tegas . Hal tersebut dapat berdampak pada emosi Anda , menghasilkan kesedihan , rasa bersalah , malu , frustasi atau marah . Hal tersebut juga dapat tercermin dalam kondisi fisik Anda , membuat Anda merasa lelah atau tegang .

Rasa rendah diri tersebut dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan Anda :

  • Di tempat kerja , Anda mungkin kurang berprestasi, atau, sebaliknya , menjadi sangat  perfeksionisme , didorong oleh rasa takut akan kegagalan .
  • Dalam hubungan pribadi Anda, Anda mungkin sangat menderita akibat rasa rendah diri karena menjadi sangat sensitif terhadap kritik atau ketidak-setujuan atau ketidaksetujuan , atau keinginan yang berlebihan untuk menyenangkan semua orang. Pada beberapa orang dengan harga diri yang rendah ada yang berusaha untuk selalu memegang kendali, atau disisi yang lain, selalu menempatkan orang lain terlebih dahulu , karena mereka berpikir bahwa jika mereka melakukan hal tersebut maka tidak akan ada orang lain yang tahu bahwa mereka sebenarnya merasa rendah diri.
  • Di waktu luang Anda, Anda mungkin menghindari aktivitas apapun di mana ada risiko dinilai orang lain atau dihakimi, atau mungkin hanya merasa bahwa Anda tidak layak untuk bersantai dan menikmati diri sendiri .
  • Anda mungkin tidak melakukan perawatan yang tepat diri sendiri, misalnya menolak untuk beristirahat ketika Anda merasa sakit , atau minum berlebihan atau menggunakan narkoba.

Efek dari rasa rendah diri yang dimiliki pada aeaeorang-orang tergantung pada peran yang dimainkannya dalam kehidupan mereka . Orang yang depresi  hampir selalu melihat diri mereka dalam cahaya yang negatif . Jika  Anda mempunyai rasa rendah diri sehingga menyebakan terjadinya depresi , maka prioritas pertama adalah mengobati depresi dalam diri anda sendiri . Hal tersebut akan  bisa mengembalikan kepercayaan Anda pada diri sendiri tanpa perlu langsung mengatasi masalah pada rendahnya rasa harga diri Anda .

Atau , rasa rendah diri mungkin diakibatkan oleh sesuatu yang menyebabkan Anda merasa tertekan – seperti kesulitan hubungan sosial , gangguan kecemasan atau terkema penyakit kronis . Dalam kasus ini , mengatasi akar masalah mungkin cara terbaik untuk memecahkan rasa rendah diri .

Bisa juga rasa rendah diri menyebabkan  Anda rentan terhadap masalah lain . Rasa rendah diri menyebabkan anda gampang terkena depresi , punya pikiran bunuh diri , gangguan makan atau kecemasan sosial. Jika hal ini terjadi , maka bila rasa rendah diri tidak  ditangani, maka  Anda akan tetap rentan terhadap hal hal tersebut di masa depan .

Sumber: http://www.overcoming.co.uk/single.htm?ipg=8610