Rumah Penyembuhan (healing homes)

Di kota Gothenburg, Swedia berbagai rumah yang dihuni oleh keluarga biasa (kebanyakan adalah keluarga petani di pedesaan Swedia) menjadi tempat penyembuhan bagi penderita gangguan jiwa yang tidak bisa sembuh oleh cara penyembuhan di rumah sakit. Cara penyembuhannya yang dilakukan adalah dengan menempatkan penderita gangguan jiwa di keluarga biasa yang didukung oleh sebuah tim pemulihan gangguan jiwa. dengan pendekatan ini, penderita gangguan jiwa terhindar dari stigma karena dirawat di rumah sakit jiwa, tetap mendapat sentuhan kehangatan dan kasih sayang sebuah keluarga serta mendapat dukungan psikososial dari tenaga pemulihan gangguan jiwa. 

Ide dari ” Rumah -Penyembuhan” adalah memadukan “suasa rumah” dengan “dukungan psikososial” ditempat dimana penderita gangguan jiwa tidak bisa tinggal dirumahnya sendiri.

Cara ini ternyata cukup efektif dalam mendukung penderita gangguan jiwa untuk bisa pulih. Banyak peserta rumah pemulihan yang bisa pulih dan kembali hidup produktif di masyarakat.

Saya kira model “rumah penyembuhan” di swedia yang dikelola oleh The Family care Foundation, Swedia ini patut kita coba dikembangkan di Indonesia.