6 Langkah mengatasi depresi

Berikut ini 6 langkah praktis mengatasi depresi:

  1. Jangan mengurung diri di kamar, cari teman atau pertolongan dari dokter. Seseorang yang mengalami depresi biasanya merasa letih, lemah, tidak punya kemauan dan inginnya hanya mengurung diri di kamar. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah keluar kamar dan cari pertolongan. Kelihatannya gampang tapi sebenarnya berat untuk penderita depresi karena pada dasarnya penderita depresi merasa tidak punya tenaga dan kemauan untuk bangkit dari tempat tidur. Pelajari hal hal yang terkait dengan depresi (penyebabnya, cara mengatasinya, dll).
  2. Perhatikan apa yang ada dipkiran anda. Coba amati (bila perlu ditulis) apa saja yang terlintas dipikiran anda. Bila bangun pagi dan malas keluar kamar, coba amati dan tulis apa saja yang ada dipikiran anda saat itu.
  3. Arahkan pikiran anda ke hal hal yang positif. Apa yang ada dipikiran kita akan mempengaruhi perasaan dan tingkah laku. Bila anda berpikiran dan percaya bahwa anda orang yang gagal, tidak berguna dan tidak punya masa depan, maka anda akan merasa sedih, tidak bertenaga dan malas. Akhirnya perasaan dan pikiran anda akan membuat anda tidak ingin bangun dari tidur, maunya tetap tiduran sepanjang hari. Dilain pihak, dengan mengalihkan pikiran ke hal hal yang positif, maka perasaan sedih akan mulai hilang dan timbul keinginan untuk bangkit.
  4. Rawatlah tubuh anda. Dalam tubuh yang sehat akan ada jiwa yang sehat. Bila mulai terasa depresi, segera bangun dan mandi dengan air hangat, lakukan olah raga (seperti jalan jalan ke taman), makan yang sehat yang banyak sayur dan buah-buahan. Kurangi minum kopi, kurangi begadang (tidur larut malam).
  5. Bersahabat dengan diri sendiri. Jangan terlalu banyak menuntut kepada diri sendiri (harus jadi juara, jadi paling kaya, paling bagus mobilnya, dll). Terimalah keadaan diri anda apa adanya. Jangan terlalu suka mencela diri sebagai bodoh, malas, dll. Tidak ada orang yang sempurna, selalu ada sisi positif dan sisi negatif.
  6. Berdoa dan perdalami agama. Dengan menyadari bahwa ada Allah Yang Maha Kuasa dan berdoa kepadanya, maka jiwa anda akan mempunyai daya tahan terhadap segala gonjangan/ stress. Perbanyak berdoa, sholat dan menolong orang yang sedang kesusahan (datangi bangsal rawat kleas 3 rs pemerintah, panti asuhan, dll) akan bisa menjauhkan diri kita dari depresi.