Dr Daniel B. Fisher, penderita skizofrenia yang menjadi dokter spesialis kesehatan jiwa

PendDaniel B. Fisher, M.D., Ph.D.erita skizofrenia bisa pulih dan bahkan ada yang kemudian berhasil menjadi dokter spesialis jiwa.

Daniel B. Fisher pernah beberapa kali dirawat di rumah sakit jiwa dengan diagnosa skizofrenia. Pada waktu itu, hampir tidak ada tenaga kesehatan yang berani bilang bahwa penderita skizofrenia bisa pulih dan hidup produktif di masyarakat. Pendapat yang umum dipegang pada waktu itu adalah bahwa penderita skizofrenia akan menjadi cacat dan tidak bisa bekerja selama hidupnya.

Daniel B Fisher yakin mempunyai harapan bahwa dia bisa pulih dan berkeinginan untuk menjadi pskiater agar bisa menolong penderita gangguan jiwa dan tidak mengalami kondisi seperti yang dulu dialaminya.

Daniel B. Fisher mendapat gelar sarjana S1 dari Princeton University, dan S3 dalam bidang biokimia dari Wisconsin University, mendapat gelar dokter dari Washington University dan spesialisasi dalam kesehatan jiwa dari Harvard University. Semua universitas tersebut adalah universitas top di Amerika dan biaya kuliahnya sangat mahal. Sebagai ilustrasi, rata rata biaya uang kuliah di Harvard University mencapai Rp 500 juta per tahunnya.

Saat ini Dr Daniel B. Fisher  adalah co-director, National Empowerment Center dan anggota  President’s New Freedom Commission on Mental Health. Dr daniel B Fisher selama 12 tahun bekerja sebagai Direktur Medis pada Riverside Community Mental Health Center di Wakefield, Massachusetts, Amerika.