Mengatasi halusinasi suara (3)

Beberapa teknik tambahan untuk mengatasi halusinasi suara:

  1. Berdoa dan minta didoakan. Beberapa orang yang sering mengalami halusinasi suara melaporkan bahwa halusinasi mereka berkurang bila mereka banyak berdoa dan didoakan oleh banyak orang.
  2. Mengikuti kegiatan keagamaan. Mengikuti berbagai kegiatan keagamaan bisa, seperti pengajian, sholat di masjid, dll dilaporkan bisa mengurang gangguan halusinasi suara.
  3. Ganti foto/ gambar yang mengganggu. Bila ada foto atau gambar di tirai, karpet, dll yang menakutkan dan mengganggu, maka sebaiknya foto atau gambar gambar tersebut diganti.
  4. TV dan radio. Beberapa orang merasa bahkan TV dan radio membantu mereka mengatasi gangguan akibat halusinasi suara. Namun, ada juga yang merasa terganggu dengan adanya TV dan radio. Bila anda merasa terganggu dengan adanya TV dan radio maka matikan saja TV/radio tersebut atau setidaknya ganti saluran TV/radio ke acara yang menyenangkan. Untuk belajar konsentrasi, penderita gangguan jiwa bisa memakai buku anak anak atau komik untuk belajar konsentrasi.
  5. Minum obat yang sesuai. Ada berbagai obat untuk menekan halusinasi, hanya saja jenis dan dosisnya harus disesuaikan untuk masing masing individu. Bantu dokter dalam menemukan obat yang sesuai untuk anda dengan melaporkan perkembangan kondisi halusinasi dan ada tidaknya efek samping obat tersebut.
  6. Membaca atau belajar tentang halusinasi suara. Membaca atau belajar dari orang lain cara mengatasi halusinasi suara akan sangat membantu. Sayangnya, kebanyakan buku buku atau artikel tersebut ada dalam bahasa Inggris. Perkumpulan atau kelompok “hearing-voice group” juga setahu saya belum ada di Indonesia.
  7. Terapi pendukung. Beberapa orang berkurang halusinasinya dengan pijat atau terapi tusuk jarum.
  8. Hindari obat obat terlarang. Obat obat terlarang sering bisa memicu munculnya halusinasi suara. Hindari memakai obat obat terlarang.

Bila anda ingin belajar lebih lanjut tentang cara mengatasi halusinasi suara, silahkan kunjungi website www.hearing-voices.org