Mengatasi halusinasi suara (2)

Berikut ini lanjutan hal hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya halusinasi suara:

  1. Membentuk kelompok (group) pendengar suara (hearing voices group). Bila anda punya beberapa teman yang mempunyai masalah yang sama (mendengar halusinasi suara), maka buatlah kelompok “hearing voices group”. dengan berbagi pengalaman dan saling memperkuat, maka anggota kelompok akan bisa mengatasi halusinasinya.
  2. Jaringan sosial pendukung (social support network). Bangunlah pertemanan dan jaringan sosial yang akan dapat mendukun anda. Jaringan pendukung bisa berasal dari keluarga, teman atau kenalan.
  3. Belajar mengendalikan halusinasi suara. Seseorang yang mendengar halusinasi perlu belajar mengendalikan halusinasi tersebut, misalnya: Bila ada suara muncul, maka katakan ” Saat ini saya sedang sibuk, saya akan mendengarkanmu nanti jam 7 malam”. Pada beberapa orang, bila dijawab seperti diatas ternyata tidak ada perubahan, maka pada beberapa orang yang lain mereka mengacuhkan atau berusaha untuk tidak menghiraukan suara tersebu. 
  4.  Bersikap kreatif. Coba tulis atau gambar apa yang anda dengar atau lihat (halusinasi visual). Dengan bersikap kreatif maka anda pelan pelan akan bisa mengendalikan halusinasi tersebut.
  5. Hobby. Lakukan hobby. Kegiatan yang menyenangkan akan bisa mengurangi munculnya halusinasi.
  6. Dengarkan musik. Mendengarkan musik merupakan salah satu strategi yang banyak diterapkan. Jenis musik yang bisa menghilangkan halusinasi berbeda antara satu orang dengan lainnya. Coba pelajari musik mana yang cocok buat anda.
  7. Buat journal. Buat tulisan tentang halusinasi anda, misalnya kapan munculnya, apa yang anda dengar, apa pikiran dan perasaan anda waktu mendengar suara tersebut. Bila anda rajin menulis journal tentang halusinasi tersebut maka anda akan bisa mengenali polanya sehingga akan memudahkan pekerja sosial/ psikolog untuk membantu mengatasi hal tersebut.