Mengatasi halusinasi suara (1)

Riset menunjukkan bahwa ada sekitar 4% masyarakat yang sering mendenga suara suara meskipun pada kenyataannya suara tersebut berasal dari dalam dirinya. Di dalam ilmu jiwa, mendengar suara yang tidak bisa didengar oleh orang lain dikenal sebagai halusinasi suara.

Berikut ini beberapa saran untuk bisa mengatasi atau mengendalikan halusinasi suara:

  1. Bersiap-siaplah. Pada sebagian orang mereka tahu kapan halusinasi suara akan muncul, dan tahu juga hal hal apa yang mencetuskan timbulnya halusinasi suara. Kadang kadang, sebelum halusinasi suara terdengar, mereka mendengar suara seperti siulan atau degupan jantung. Bila ada tanda bahwa halusinasi akan muncul, segeralah melakukan teknik relaksasi dan teknik pernapasan agar segala sesuatunya menjadi lebih tenang (tidak cemas).
  2. Jangan percaya atau menuruti apa yang disampaikan oleh suara tersebut. Hal ini biasanya agak sulit dan memerlukan usaha/ upaya keras. Tapi memang sebaiknya tidak usah percaya atau mengikuti apa yang diperintahkan oleh suara suara tersebut. Hanya kadang, bila tidak diikuti, maka suara/ perintah tersebut akan semakin kasar. Sebenarnya bila ini bisa dilakukan maka halusinasi suara tersebut akan menghilang.
  3. Rawat diri sendiri. Mandi dengan air hangat atau mandi secara teratur akan mengurang halusinasi. Sering penderita gangguan jiwa tidak ingin mandi.
  4. Lakukan pola hidup sehat secara bertahap. Misalnya upayakan untuk keluar rumah beberapa lama setiap harinya. Jalan jalan santai akan bisa mengurangi munculnya halusinasi suara. Berhentilah minum alkohol atau minum obat obat terlarang.
  5. Lakukan kesibukan. Sibuk dengan berbagai kegiatan yang menarik akan bisa mengurangi munculnya halusinasi.
  6. Sesuaikan kegiatan dengan waktu munculnya halusinasi. Bila halusinasi sering muncul pada sore hari, maka ubah kegiatan dengan melakukan kegiatan kegiatan penting dipagi hari dan beristirahat di sore hari.