Pemulihan gangguan jiwa: kadang tidak mudah

Kadang penderita gangguan jiwa menjadi khronis dan tidak mudah untuk pulih. Hal tersebut terjadi bukan karena penyakitnya sulit dikendalikan dengan obat, tetapi kebanyakan karena lingkungan yang tidak mendukung.

Sebagai contoh, ada Choirul (bukan nama sebenarnya) dari Kecamatan Gebang, Purworejo. Choirul didiagnosa dengan gangguan jiwa bipolar. Pernah beberapa tahun dipasung. Beberapa tahun yang lalu, dengan dukungan ibunya yang gigih dan sangat sayang, serta bantuan dari Tirto Jiwo, keadaan Choirul membaik.

Ibunya sangat rajin berdzikir. Tirto Jiwo datang dengan dukungan psiko sosial, antara lain memberi bantuan ayam peliharaan, dan lain lain. Meskipun hidup serba kekurangan, kondisi Choirul bisa membaik.

Beberapa bulan yang lalu, ibu Choirul meininggal. Choirul harus hidup sendiri. Adiknya yang tinggal dilain desa tidak bisa sepenuhnya mendukung Choirul. Akibatnya, Choirul kambuh sehingga perlu dibawa ke RSJ lagi.

Kini, Tirto Jiwo mencoba mendukung pemulihan kesehatan Choirul melalui adiknya. Adiknya sendiri juga hanya hidup sederhana. Kadang memang tidak mudah membantu pemulihan gangguan jiwa. Jangan biarkan Choirul dan adiknya berjuang sendiri. Mari kita bantu mereka agar bisa bangkit

Comments are closed.