Upaya Untuk Membantu Mengatasi Depresi (1) : mencari dukungan

Depresi menyebabkan seseorang kehilangan tenaga, harapan dan semangat, sehingga penderita depresi biasanya mengalami kesulitan untuk melakukan hal hal yang akan dapat mengurangi depresinya atau membuatnya merasa lebih baik. Penderita depresi akan bisa jadi lebih baik bila yang bersangkutan mau melakukan kegiatan kegiatan seperti: jalan jalan di taman, ngobrol dengan saudara atau teman, melakukan kegiatan yang menjadi hobinya, dan lainnya. Sayangnya, penderita depresi biasanya merasa sangat letih, tidak bertenaga, malas atau tidak ada dorongan. Inginnya hanya tinggal di kamar. Keadaan ini yang membuat penderita depresi sulit sembuhnya.

Meskipun bukan sesuatu yang gampang, mengatasi depresi juga bukan sesuatu yang tidak mungkin. Kunci dalam mengatasi depresi adalah dengan melakukan sesuatu yang kecil dan mudah yang kemudian dikembangkan dan ditingkatkan lebih lanjut. Mengatasi depresi memang memerlukan waktu. Dengan membuat keputusan yang tepat setiap hari, depresi akan bisa diatasi.

Saran pertama untuk mengatasi depresi adalah dengan mencari bantuan atau dukungan.  

Depresi sering sulit diatasi sendiri oleh yang bersangkutan. Penderita depresi biasanya memerlukan bantuan dan dukungan orang lain untuk menghilangkan depresinya tersebut. Adanya dukungan dan bantuan orang orang dekatnya merupakan salah satu kunci dalam pemulihan penderita depresi. Bahkan, perasaan terisolasi dan kesepian akan bisa memperburuk depresi tersebut.

Hanya sayangnya, biasanya penderita depresi tidak bisa melakukan hal tersebut (mencari bantuan atau dukungan). Penyakit depresinya menyebabkan si penderita malas, malu, atau tidak punya tenaga untuk melakukan hal hal tersebut. Oleh karena itu, penderita depresi perlu menyadari bahwa penyakit depresi menyebabkan dirinya malas, letih, dll dan dirinya perlu memaksakan diri untuk bergerak mencari dukungan atau bantuan.

 Langkah langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Bicara dengan saudara atau teman dekat yang bisa dipercaya. Cobalah lakukan curhat, ceritakanlah perasaan dan permasalahan anda. hal ini akan dapat meringankan depresi anda.
  • Tetap lakukan kegiatan sosial, meskipun rasanya sangat malas atau tidak ingin. Biasanya penderita depresi inginnya mengurung diri dikamar. Padahal, mengurung diri dikamar dapat membuat depresi menjadi buruk. Cobalah upayakan untuk melakukan kegiatan sosial (ngobrol, ketemu teman, telpon, dll) meskipun anda malas melakukannya.
  • Ketemu dengan depression support group (kelompok sesama penderita depresi yang saling mendukung dan bertukar pengalaman dalam mengatasi depresi).

Berikut ini 9 tip/ saran untuk menjangkau dan mendapatkan dukungan:

  • Bicara kepada seseorang orang tentang perasaan Anda.
  • Membantu orang lain dengan sukarela.
  • Makan siang atau minum kopi dengan seorang teman.
  • Mintalah orang yang cintai untuk mengontak anda secara berkala.
  • Menemani seseorang ke bioskop, menonton konser musik, atau kumpul-kumpul.
  • Kontak lewat email atau telpon teman lama.
  • Berjalan-jalan dengan teman atau melakukan latihan olah raga.
  • Temui orang-orang baru dengan mengambil kelas atau bergabung dengan klub.
  • Curhat seorang konselor, terapis, atau ustadz.

  Referensi: http://www.helpguide.org/mental/depression_tips.htm