Persahabatan untuk mendukung gangguan jiwa (3)

Penderita gangguan jiwa memerlukan dukungan sosial dari keluarga, saudara, teman, tenaga kesehatan dan masyarakat sekitar. Peranan dukungan sosial bagi penderita gangguan jiwa sangat menentukan. Biasanya semakin sedikit dukungan sosial, semakin parah gangguan jiwa yang mereka derita.

Manfaat dari adanya dukungan sosial bagi penderita gangguan jiwa adalah:

  1. Meringankan stress karena mereka bisa berbagi masalah, mendapat dukungan ketika menghadapi masalah dan mendapat bantuan untuk mengatasi masalah.
  2. Meningkatkan percaya diri dan harga diri. Menjadi bagian suatu sistem sosial yang mendukung membuat seseorang merasa dihargai dan dicintai. Mereka bisa saling belajar. Merasa dicintai dan dihargai oleh orang orang yang mendukungnya membuat naik percaya diri dan harga dirinya.
  3. Mengurangi rasa terisolasi dan sendirian. Tanpa teman dan dukungan sosial, seseorang gampang merasa terisolasi, bosan dan kesepian.

Sebagai saudara, teman atau tetangga, kita bisa mendukung penderita gangguan jiwa dengan mengajaknya bergaul, menunjukkan tempat tempat kegiatan yang bisa mereka ikuti (olah raga, pengajian, musik, dll).

Dukungan sosial berupa adanya pekerjaan atau kegiatan yang berarti sangat penting bagi pemulihan penderita gangguan jiwa.  Dengan menjadi karyawan atau mempunyai usaha yang bernilai ekonomis, tidak hanya membantu mereka mandiri, namun juga sangat menunjang bagi pemulihan kesehatan jiwanya.

Di berbagai negara maju, cukup banyak wirausaha sosial yang sengaja didirikan sebagai untuk memperkerjakan para penderita gangguan jiwa. Sebagian besar wirausaha sosial itu memerlukan subsidi, namun cukup banyak juga yang berhasil secara ekonomis.

 

Bidang usaha yang  sekarang ada di negara negara tersebut antara lain bergerak dibidang: cleaning service, pertamanan, pergudangan, kantin dan katering, perusahaan kurir dokumen. La Fageda di Eropa merupakan sebuah perusahaan susu berskala besar, dimana hampir separuh pegawainya adalah penderita gangguan jiwa

Leave a Reply