Mencegah timbulnya gangguan jiwa pada remaja

1-alcohol-finalBerikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah timbulnya gangguan jiwa:

    1. Hindari alkohol dan narkoba. Alkohol dan narkoba mengandung zat zat kimia yang bisa berakibat buruk pada otak dan mendorong timbulnya gangguan jiwa. Dampak alkohol dan narkoba lebih berbahay bila sudah riwayat gangguan jiwa atau ada riwayat gangguan jiwa pada keluarga.
    2. Kembangkan ketrampilan sosial. Latihlah kemampuan bergaul dan hidup bermasyarakat. Bila anda seorang pemalu, lakukan latihan latihan untuk mengurangi rasa malu dan pelajari ketrampilan bergaul di masyarakat. Saat ini cukup banyak buku dan artikel di internet yang membahas tentang bagaimana mengembangkan pertemanan. Perlu sekali dipelajari ketrampilan sosial seperti cara menolak yang baik, bagaimana menyampaikan pendapat, bagaimana berteman yang baik, dan lain lain.Tentunya jangan asal bergaul. Berteman dengan anak anak nakal hanya akan membuat anda ketularan nakal. Begitu pula, jangan bergaul dengan anak anak pecandu narkoba.
    3. Jangan hidup menyendiri. Jangan terlalu banyak mengurung diri di kamar. Lakukan kegiatan di luar rumah bersama teman setidak 2-3 kali seminggunya. Orang yang senang menyendiri lebih mudah terkena gangguan jiwa.
    4. Berlatih berpikir positif. Salah satu karakteristik dari penderita gangguan jiwa adalah mereka sering mempunyai pola pikir yang salah. Salah satu pola pikir yang salah itu misalnya: merasa dirinya tidak berharga sehingga tidak mau sekolah karena diejek teman. Pola pikir yang benar (positif) bisa dilatih dengan mengenal tauhid secara benar, pola pikir positif, dan lain lain.
    5. Berlatih cara mengatasi kegalauan dan tekanan hidup. Dalam hidup akan selalu ada masalah, tekanan hidup dan kecemasan. Untuk itu, setiap orang, khususnya ketika masih muda, berlatih cara menghadapi tekanan hidup, kecemasan atau kegalauan. Belajar teknik pemecahan masalah juga akan dapat membuat seseorang terhindar dari stress.
    6. Kunjungi psikolog atau psikiater bila anda tidak bisa mengatasi masalah kejiwaan yang anda hadapi. Bila menghadapi masalah psikologis atau kejiwaan yang dirasa berat, sebaiknya datangi psikolog atau psikiater agar bisa dibantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

sumber: http://www.schizophrenia.com/prev2.htm#drugs