Pemulihan dari skizofrenia

Pemulihan dari skizofrenia dapat didefinisikan sebagai suatu perjalanan penyembuhan, dan perubahan yang positif, yang memungkinkan seseorang dengan penyakit mental yang serius untuk menjalani hidup yang lebih berarti ketika hidup dalam komunitas pilihan nya.

Poin-poin berikut juga telah mulai disepakati:

  • Pemulihan dari gangguan skizofrenia dapat terjadi tanpa keterlibatan tenaga profesional
  • Pemulihan dapat terjadi bahkan jika ada gejala kambuh atau terulang kembali
  • Pemulihan yang terbaik dicapai jika ada dukungan pribadi
  • Pemulihan tidak fokus pada kausalitas (penyebab) dari penyakit mental
  • Pemulihan adalah lebih dari sekedar remisi dari gejala.
  • Pemulihan bukanlah proses seperti garis lurus (linier), maka dalam proses pemulihan dapat terjadi kekambuhan, percepatan atau perlambatan proses.
  • Pemulihan adalah proses yang lambat dari serangkaian langkah-langkah kecil
  • Pemulihan berfokus pada pilihan konsumen (penderita gangguan jiwa)
  • Pemulihan terus berlangsung, tidak ada titik akhir.

Pemulihan dari gangguan skizofrenia atau segala bentuk penyakit mental bisa berbeda untuk orang yang berbeda.  Model Pemulihan menempatkan tanggung jawab dan pengambilan keputusan di tangan pasien, bukan dokter. Pemulihan mengandalkan dukungan dari orang lain pada titik-titik tertentu di sepanjang proses penyembuhan tersebut sehingga memungkinkan pasien mempunyai kontrol lebih besar atas jalur pemulihan yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut akan memungkinkan mereka untuk menemukan apa yang terbaik untuk mereka oleh mereka sendiri, dan belajar dari pengalaman orang lain.

Ada berbagai konsep yang mendasari Pemulihan Skizofrenia. Perjalanan Setiap seseorang untuk pemulihan sangat pribadi dan terkait dengan individu dan masyarakat dimana si penderita tinggal

Harapan

Harapan sangat penting dan harus ditemukan, dipupuk dan dipelihara. harapan untuk pulih dapat digambarkan sebagai kunci untuk pemulihan,. Dan itu termasuk kepercayaan diri, gigih melalui saat yang tidak menentu dan disaat terjadi kemunduran yang memang pasti terjadi, dengan keyakinan bahwa ada masa depan yang lebih baik.

Arti dan tujuan hidup
Mengembangkan makna dan tujuan dalam hidup yang baru adalah penting. Pasien harus didorong atau dibantu dalam menemukan arti dan tujuan hidup ini melalui pengembangan keterampilan baru, atau peran sosial atau keahlian yang baru.. Makna baru juga dapat ditemukan melalui mengadopsi filosofi baru, praktek politik atau agama. Ini pada dasarnya adalah sebuah proses penemuan diri.

Pemberdayaan dan identitas diri
Sebuah faktor penting dari pemulihan adalah pemberdayaan pasien dan memulihkan rasa percaya diri. Hal ini penting karena memiliki penyakit mental yang serius dapat mengakibatkan pasien menjadi merasa tidak berdaya akibat pengalaman seperti kurungan paksa (rawat paksa di rumah sakit), stigma, dan sikap paternalistik dari penjaga dan tim perawatan. Hal ini dapat mengakibatkan pasien mengadopsi identitas baru, sesuai dengan gambar ketidakmampuan dan tidak berharga, dan mengadopsi peran sebagai orang cacat/sakit. Pasien perlu dibantu dalam mengembangkan kepercayaan diri, kemandirian, dan ketegasan.

Hubungan yang mendukung

Teman dan keluarga yang percaya dan mendukung pasien tidak ternilai harganya dalam proses pemulihan Hubungan ini jauh lebih penting dibandingkan dengan dukungan tenaga profesional kesehatan mental.. Pengguna jasa lain (penderita gangguan jiwa lain) juga dapat mempunyai arti penting agar pasien bisa pulih. Selalu mempertimbangkan saran dari keluarga dan teman, serta profesional kesehatan mental.

Mengenal Diri
Sangat penting untuk memulihkan rasa percaya diri. Salah satu strategi yang telah digunakan adalah untuk mengatur keterlibatan sosial Anda dengan membatasi hanya kepada orang lain yang memberikan hubungan yang positif, aman dan bermakna, sehingga memungkinkan ruang individu untuk mengembangkan pemahaman, spiritualitas diri mereka dan minat. Pengenalan diri ini dibantu melalui hubungan dan atmosfer di mana ada penerimaan, kebersamaan dan rasa memiliki.

Pemulihan dari penyakit skizofrenia selalu merupakan perjalanan dan keputusan pribadi  Pemulihan ini dapat difasilitasi melalui berbagai program. Pada awalnya , individu harus menerima bantuan dan mulai mengambil tanggung jawab untuk kesejahteraan mental mereka sendiri. Harapan dan keyakinan bahwa hidup akan menjadi lebih baik  adalah penting. Proses ini dipelajari melalui terapi dan interaksi dalam hubungan yang mendukung, dengan pengembangan kemandirian yang meningkat.

Langkah-langkah praktis termasuk mengambil tanggung jawab, mengelola kesehatan mental Anda, kecanduan, hubungan dan perawatan diri, mengembangkan panggilan atau bekerja, keterampilan hidup dan jaringan sosial, dan membangun kepercayaan, harapan, identititas dan harga diri.

Sumber: http://www.understand-schizophrenia.com/recovery-in-schizophrenia.html

Leave a Reply