Bisnis sebagai wahana memulihkan penderita gangguan jiwa

Coast Social  Entreprise Foundation (Yayasan Wirausaha Sosial Coast) menjalankan bisnis yang berorientasi profit dan sekaligus memberikan kesempatan kerja kepada para penderita gangguan jiwa. Ada 2 program kerjanya, pertama adalah Sewing With Heart atau menjahit dengan hati danLandscaping with Heart ( Membuat Taman dengan Hati).

Menjahit dengan Hati adalah sebuah wirausaha sosial yang belum lama berjalan yang memproduksi  berbagai tas nilon berkualitas yang dibuat oleh para penderita gangguan jiwa dari Klinik Coast yang telah pulih. Produk mereka bervariasi dari tas klasik untuk makan siang, tas yoga dan tas anggur, yang tahan lama dan dengan harga terjangkau. Mereka juga bisa memproduksi tas sesuai selera si pemesan. Mereka membuat tas tangan multi-guna dengan mendaur ulang nilon, kain berwarna-warni tahan lama, sisa-sisa dari produksi bendera dan spanduk. Dengan membeli dan memakai tas tangan buatan mereka, berarti anda telah membantu mengurangi limbah dan sekaligus mendukung para penderita gangguan jiwa.
Tujuan dari program jahit dengan hati adalah:

•Untuk memberikan penghasilan, kesempatan kerja dan pengembangan keterampilan kepada orang-orang yang telah pulih dari penyakit mental.
•Memberikan kesempatan untuk bekerja dari rumah dalam usaha bisnis yang berfungsi sebagai ‘Koperasi Pekerja ‘ serta terlibat dalam kegiatan bisnis yang etis.

Menjahit dengan Hati dimulai sebagai suatu kemitraan antara The Coast Employment Program (Program Penyediaan Lapangan Kerja dari The Coast) dan The Flag Shop dengan tujuan untuk menyediakan kesempatan kerja bagi penderita gangguan jiwa untuk bekerja dari rumah mereka, menciptakan produk eceran yang layak dari sisa-sisa The Shop Flag. Saat iniThe Sewing with Heart telah menjadi sebuah badan usaha berbentuk koperasi. The Sewing With Heart didukung oleh mitra bisnis seperti:  Enterprising Women,  Asset Development Demonstration Project, Capers Markets, Small Potatoes Urban Delivery, Uprising Breads Bakery, Vancouver Public Library, Canadian Mental Health Association, Mason Sewing Machine Company, The Flag Shop, dan Save-On Foods.
The Landscaping with Heart pada prinsipnya memakai pendekatan yang sama dengan Sewing with Heart, di bidang pertamanan. Contoh bisnis sosial lain yang melibatkan penderita gangguan jiwa adalah Core Arts.
Core Arts telah didirikan pada tahun 1992 oleh seorang seniman menggunakan ruang kosong di Rumah Sakit Hackney. Studio tersebut  menjadi surga bagi ekspresi artistik para pasien yang ingin lari dari hidup yang monoton di bangsal psikiatri dengan menenggelamkan diri dalam dunia cat dan warna. Meski dana terbatas, energi kreatif yang dihasilkan mampu melahirkan terjadinya sebuah studi terbuka. Core Arts secara resmi terbentuk sebagai badan amal pada tahun 1994 setelah mereka berhasil melakukan beberapa pameran secara sukses.
Core Arts sekarang dikenal sebagai pemimpin yang inovatif dalam kreativitas kesehatan mental, keragaman budaya dan wirausaha sosial. Dengan tidak ada agenda analisis atau klinis, program terus berkembang dengan berfokus pada apa yang dapat dicapai, mendukung anggota untuk meningkatkan kapasitas mereka untuk inovasi dan pembelajaran, pemecahan masalah, kepercayaan diri dan keterampilan kepemimpinan. Core Arts dijalankan oleh profesional, penulis seniman dan musisi dari kalangan mereka sendiri, sehingga tercipta suasana menarik, asli,  saling belajar dan berbagi pengalaman.
Masih banyak contoh yang lain. Artinya, bahwa membuat wirausaha sosial untuk membantu para penderita gangguan jiwa bukanlah sesuatu yang mustahil. Meskipun tidak gampang juga.

 

Leave a Reply