Tantangan

Membantu pemulihan gangguan jiwa memang penuh tantangan. Meskipun sudah dilandasi dengan niat baik, tidak berarti otomatis semua bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Banyak tantangan dan halangan yang harus dihadapi. Mulai dari pencuri yang mengambil kambing, gitar dan radio hingga ayam yang mati.

Tantangan juga muncul dari penderita gangguan jiwa yang mulai membaik kondisi kejiwaannya. Kejiwaan yang membaik, memunculkan sifat atau kepribadian aslinya. Ada diantaranya yang punya dasar nakal, maka kenakalan itu kemudian muncul. Sepeda motor milik petugas dibawa lari dan dijual.

Tantangan juga muncul dari keluarga yang tidak lagi atau kurang pedul terhadap anggota keluarganya yang menderita gangguan jiwai. Keluarga pernah disakiti ketika penderita gangguan jiwa kambuh. Kini, ketika kondisi kejiwaan penderita tersebut membaik, mereka teringat keluarganya. Mereka kangen dan ingin kasih sayang dari keluarga atau orang orang dekatnya. Namun, keluarga sudah terlanjur sakit hati. Situasi seperti itu dapat membuat kondisi kejiwaan penderita gangguan jiwa kemudian menurun lagi.

Tantangan memang tidak untuk dihindari. Tantangan perlu dihadapi dan diatasi. Kemampuan mengatasi tantangan tersebut akan membuat kita menjadi kuat, berkembang dan membesar.

Semoga Allah memberi petunjuk dan pertolongan.

Membuat kaos

Mempunyai ketrampilan dan pekerjaan yang dapat menghasilkan uang merupakan salah satu terapi pemulihan gangguan jiwa yang sangat ampuh.

Kemampuan menghasilkan uang meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan gangguan jiwa.

Salah satu kegiatan pelatihan dan upaya bisnis yang sedang dikembangkan di Tirto jiwo adalah membuat kaos.

Bagi yang ingin mempunyai kaos sambil beramal, silahkan kontak Pak Wibowo di 0813-2878-7978